Operasi Gratis Bibir Sumbing IASMA 1 Bukittinggi Dalam Senyum dan Tawamu Bahagia Kita Bersama

MINANGTIME.COM - Sawahlunto Ikatan Alumni SMA  (IASMA) 1 Bukittinggi dalam kegiatan operasi gratis bibir sumbing dengan slogan "Senyum dan Tawamu Bahagia Kita Bersama" telah menjaring 20 orang pasien pada Operasi Gratis ke-3 di RSUD Sawahlunto Sabtu dan Minggu 13-14 Januari 2024.

Pasien dengan kasus medis sumbing atau celah bibir dan langit-langit yang berada dari Sumatera Barat bisa memanfaatkan kegiatan operasi gratis ini karena sudah dilakukan  yang ke-3 kali. 

Operasi sejenis sebelumnya sudah dilaksanakan di Kota Bukittinggi dan Kabupaten  Sijunjung serta berhasil melaksanakan operasi sebanyak 27 orang.

Pada operasi gratis ke-3 IASMA 1 Bukittinggi yang dimulai Sabtu 13/01/24 di RSUD Sawahlunto Bukittinggi berhasil menjaring 20 orang pasien.

           IASMA 1 Landbow Bukittinggi

Pemilihan RSUD Sawahlunto sebagai lokasi seperti yang diterangkan Ketua Pelakasana Kegiatan Arfida Pepi bahwa RSUD Sawahlunto akan dikembangkan menjadi rumah sakit rujukan khusus bedah gigi dan mulut.

Hal senada juga disampaikan Direktur RSUD Kota Sawahlunto
dr Ardian Amri MARS jauh hari sebelum kegiatan saat survey lapangan yang dilakukan dari Tim Peduli Kemanusiaan (TPK) IASMA 1 Bukittinggi
"Rumah Sakit Kota Sawahlunto saat ini sedang berbenah fisik dan pelayanan serta sarana. Terutama untuk Gigi dan Bedah Mulut kita sedang menuju rumah sakit rujukan. RSUD Kota Sawahlunto telah mempunyai  kosentrasi spesialis konservasi gigi,bedah mulut dan penyakit mulut sehingga diharapkan ke depan akan bisa menjadi pelayanan unggulan RSUD Kota Sawahlunto.

Kegiatan operasi gratis bibir sumbing dan langit-langit  yang dilaksanakan IASMA 1 Bukittinggi menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Sawahlunto,Badan Amal Internasional Smile Train,Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofacial yang didalamnya juga ada alumni SMA 1 Bukittinggi serta Tim Peduli Kemanusiaan IASMA 1 Bukittinggi.

Disela-sela pelaksanaan kegiatan yang diorganisir Tim Peduli Kemanusiaan (TPK) IASMA 1 Bukittinggi pasien mendapat kunjungan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dan Pejabat Walikota Sawahlunto Zefnihan,Dewan Pengawas IASMA 1 Bukittinggi  Pusat Mazni Harun,Ketua IASMA 1 Bujittinggi Sumatera Barat Profesor Marlina dan  alumni lintas angkatan

Pada kunjungannya Gubernur Sumatera Barat dan Pejabat Walikota Sawalunto langsung meninjau pelaksanaan operasi dan menemui pasien serta berdialog langsung.

Pasien yang ditemui 2 orang  kepala daerah di ruang operasi dan rawatan sangat merasa terharu serta diberi motivasi untuk sehat.

Operasi bibir sumbing IASMA 1 Bukittinggi bekerja sama dengan Smile Train,PABMI  dan Pemerintah Kota Sawahlunto dimulai dari pukul 7.00 pagi dengan rincian pasien sebanyak 20 orang yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat.

"Pasien-pasien yang dikirim dari berbagai daerah di Sumatera berasal dari Kota Sawahlunto 3 orang, Kabupaten Sijunjung 1 orang, Kabupaten Agam 5  orang, Pemerintah Kota Bukittinggi 3 orang, Kabupaten 50 Kota 2 orang, Kabupaten Pesisir Selatan 1 orang, Kabupaten Solok Selatan  2 orang dan Kabupaten Tanah Datar 3 orang."
Ungkap Reni dari alumni.

   Pasien Nur Hafizah dari Pesisir Selatan

Konfirmasi media dari pengurus lewat WA Ketua Umum Indra Meidi dan Ketua Bidang V IASMA 1 Bukittinggi Refnil Dodi menyampaikan terima kasih kepada alumni yang sudah membantu lewat donasi dan tenaga sehingga bakti sosial ini terlaksana dengan baik serta diharapkan bisa berkelanjutan sebagai wujud kepedulian alumni SMA 1 terhadap masyarakat Sumatera Barat.

Pelaksanaan operasi gratis dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi  pukul 14.00 dan diakhiri dengan foto bersama.

Terlihat ikut berfoto Pejabat Walikota Sawahlunto Zefnihan,unsur-usur Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat dengan Kota Sawahlunto,Alumni SMA 1 Bukittinggi dan para karyawan RSUD Kota Batu Bara Sumatera Barat.
*RB







0 Comments

Post a Comment