Talenta Muda Sumbar Tampil Menawan di Melaka Kota Sejarah

 

Talenta Sumbar dalam Festival Warisan Etnik Nusantara di Malaka

MINANGTIME.COM-MELAKA   -  Festival Warisan Etnik Nusantara yang diselenggarakan oleh Kerajaan Malaka yang merupakaan nagara bagian Malaysia berlangsung meriah.

Talenta-talenta Muda Sumbar yang diundang untuk memeriahkan festival di Mahkota Parade Mall Malaka dari hari Jumat hingga Minggu 6-8 Oktober 2023 dimulai pukul 10 pagi sampai dengan pukul 10 malam waktu Malaysia yang diikuti juga oleh duta-duta seni etnik lainnya  di Indonesia seperti dari Riau,Kepulauan Riau,Sulawesi dan Jawa.Timur serta Madura.

Untuk Sumatera Barat dipercayai sebagai bagian etnik nusantara Rumpun Melayu dengan konsep The Soul of Minangkabau duta seni Sumatera Barat diwakili oleh Sumbar Talenta pimpinan Sastri Bakry.


"Kami ingin menunjukkan kekayaan budaya Minangkabau melalui seni trdisional dan makanan." Ungkapnya saat pelepasan rombongan Jumat 6/10.

Sastry Bakry Pimpinan dan Founder Sumbar Talenta

Rombongan Talenta Sumbar tampil di Kota Melaka yang merupakan negara bagian Malaysia yang berjarak sekitar 150 km dari Kuala Lumpur  ke arah tenggara adalah kota berkonsep modern dengan khas Melayu. Festival yang digagas oleh Persatuan Guru Guru Silat Negeri Malaka dan Silat Grand Masters Association of Melaka ( SIGMA ) berlanggsung meriah.


Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh grup seni Sumbar Talenta mengirimkan duta-duta muda yang menampilkan seni tari,medley lagu Minang dan lagu solo. 

" Kita menampilkan Tari Pasambahan, Tari Piring,dan lagu serta penampilan kita nantinya akan dihadiri Yang Dipertuan Agong Malaka beserta unsur-unsur pemerintahan Melaka " Kata Yulianti Syafitri yang juga bertindak sebagai pelatih vokal dan stage manager didampingi Bambang Hardiyanto asiten koreografer saat persiapan penampilan hari ke-2  Minggu 8/10.

Rombongan yang rata-rata muda dengan tim solid hasil gemblengan Sumbar Talenta menyertakan penyanyi Yulianti Syafitri sendiri,Erum Najoul,Kirana Larasati,Khoirunnisnisaa Mulya Sari,Athafariq Agani dan Fatihul Rizqy Arvie yang  disiapkan juga menari mendampingi  penari Mhd Arif Al Mutri dengan Bambang Herdiyanto serta Wadrobe Astuti Yunita dengan Dewi Witra sehingga menambah menawannya penampilan.

Lagu Minangkabau Show Sumbar Talenta Malaka

Penampilan terasa menawan sekali dengan berpusu-pusu pengunjung (banyak pengunjung-red) yang hadir di Mahkota Parade untuk menyaksikan pertunjukan.

Kawasan ini sangat strategis sekali di Kota Melaka yang dikenal dengan kota budaya berkonsep modern tanpa meninggalkan khas Melayu itu.

Selain terdapatnya penginapan mewah dan mall serta pusat perbelanjaan yang lengkap dikawasan ini apabila pelawat berbelanja di Mall Mahkota Parade dengan memperlihatkan paspor  akan mendapatkan diskon pajak,

Sehingga semakin lengkaplah perjalanan duta seni Sumbar Talenta dan banyak kebahagiaan yang didapat setelah rombongan bisa berkunjung ke berbagai negara. Terutama bagi talenta muda yang punya bakat dan ini akan menjadi sejarah pembukitian kemampuan mereka. 

Talenta mereka miliki akan bisa menjadi harapan masa depan untuk duta seni dan penerus warissan seni serta budaya Minangkabau untuk Provinsi Sumatera Barat.

(Ul890)


0 Comments

Post a Comment