Kontestasi Politik Harus Tetap Sesuai Dengan Semangat Berbangsa dan Bernegara





MINANGTIME.COM - Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan telah diselenggarakan oleh Drs. H. Darul Siska selaku Anggota DPR/MPR RI dengan Dapil Sumatera Barat I. 


Kegiatan Sosialisasi ini disebutkan untuk kembali mengingatkan dan menguatkan pemahaman generasi muda-mudi dalam menentukan pilihan politiknya. "Kontestasi politik yang saat ini terjadi dapat mendorong perpecahan dan saling kebencian jika masyarakat khususnya para pemuda termakan oleh politik uang dan hoaks".


Politik uang harus benar-benar dihindari karena tidak sesuai dengan cita-cita bernengara dan berbangsa Indonesia serta sangat melenceng dari Demokrasi Pancasila yang telah dianut Indonesia.


Kontestasi politik bukan menciptakan pemimpin yang berasal dari orang kaya semakin kaya melainkan untuk menciptakan pemimpin yang memang mampu berjuang untuk rakyat dan meningkatkan kesejahteraan segenap tumpah darah. 


Kontestasi politik yang menitikberatkan pada praktik money politik akan melahirkan situasi kepemimpanan yang sibuk mengurus keuntungan pribadi dan kelompoknya.


Selain itu, hoaks juga harus diwaspadai. Sebagai generasi penerus bangsa sudah seharusnya para pemuda dan pemudi tidak mudah termakan hoaks yang dapat menimbulkan kebencian dan perpecahan. Pemuda dan pemudi harus bersikap dewasa dalam menerima informasi, harus selalu mencari klarifikasi kebenaran dari informasi politik yang didapatkannya. Bukan malah menjadi penyebar hoaks yang berujung pada instabilitas.


Darul Siska berpendapat jika masyarakat harus menjadi pemilih yang cerdas dan dewasa. Oleh karena itu pemahaman terkait Pancasila dan UUD 1945 harus dimiliki oleh setiap manusia Indonesia supaya tidak mudah terpengaruh dengan budaya-budaya yang tidak baik dan membodohkan masyarakat.

0 Comments

Post a Comment