Safari Ramadan Pemkab Sijunjung, TSR XII Serahkan Bantuan Untuk Mesjid Nurul Ihsan Sungai Batuang

 


MINANGTIME.COM, SIJUNJUNG - Setelah bersafari Ramadan ke Mesjid Nurul Huda, Nagari Tanjung Lolo, Kecamatan Tanjung Gadang beberapa waktu lalu, TSR XII Pemkab Sijunjung kembali bersafari Ramadan. Kali ini, tim yang diketuai oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Aprizal, M.Si tersebut mengunjungi Mesjid Nurul Ihsan, Nagari Sungai Batuang, Kecamatan Kamang Baru, Kamis (30/03/2023).


Sebelumnya, TSR XII tersebut dijamu berbuka puasa bersama oleh Wali Nagari Sungai Batuang yang juga dihadiri oleh tim dari pemerintah kecamatan Kamang Baru.


Tim XII tersebut melalui Keputusan Bupati Sijunjung Nomor : 188.45/125/KPTS-BPT-2023 diketuai oleh Aprizal, M.Si (Asisten Pemerintah dan Kesra) dengan Wakil Ketua Syafrul Khatib (Anggota DPRD Sijunjung) serta beranggotakan Zulkifli, S.Sos (Anggota DPRD Sijunjung), Drs. H. Iskandar (mubaligh), Syamsurizal, ST., MT (Sekretaris Dinas Kominfo), Roni S, S.STP (Kabag Pemerintahan), Arjunaidi Amir (Pimpinan BNI Cabang Sijunjung) yang diwakili Robby Septu Sandra dan Fauzaki Aulia (Wartawan Minangtime.com)


Tim XII safari Ramadan Pemkab Sijunjung menyerahkan secara simbolis bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sijunjung sebesar Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) untuk pembangunan mesjid Nurul Ihsan, Nagari Sungai Batuang, Kecamatan Kamang Baru.


Ketua Tim XII Ramadan Pemkab Sijunjung, Aprizal, M.Si mengawali sambutannya dengan menyapa seluruh jamaah mesjid Nurul Ihsan yang hadir. Selain itu ia juga menyampaikan bahwa hari ini ada 20 tim yang turun ke masyarakat.


"Salah satunya ada di Kenagarian Sungai Batuang tepatnya di Mesjid Nurul Ihsan" ucapnya.


Tujuan dalam agenda kali, katanya, adalah untuk menjalin tali silaturahmi bersama masyarakat Kabupaten Sijunjung khususnya masyarakat Nagari Sungai Batuang dalam rangka mendorong tumbuhnya rasa kekeluargaan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta menerima masukan dan saran dari masyarakat agar menjadi bahan pertimbangan oleh pemkab Sijunjung dalam menetapkan kebijakan dimasa yang akan datang. Selain itu juga memberikan sedikit bantuan untuk pembangunan mesjid.


"Mudah-mudahan sedikit bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kelanjutan pembangunan mesjid yang kita cintai ini," harapnya.


Pada kesempatan tersebut, ia mengajak masyarakat secara bersama-sama untuk menekan angka stunting pada anak di Kabupaten Sijunjung. Katanya, anak adalah aset dan generasi yang akan melanjutkan pembangunan Kabupaten Sijunjung Kedepannya.


"Kita harus bersama-sama menekankan stunting pada anak dengan cara ibu-ibu hamil rajin periksa kesehatan dan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar anak-anak yang ada dalam kandungan gizinya tercukupi dan ketika anak sudah lagi lebih diperhatikan asupan pada anak tersebut sesuai tumbuh kembangnya, pola asuh, kesehatan lingkungan dan juga sanitasi lingkungan," katanya.


Ia berharap kedepannya tidak ada lagi anak anak yang mengalami stunting di Kabupaten Sijunjung.


Selain itu, ia juga mengingatkan akan penyakit masyarakat yang juga bisa mengganggu generasi muda seperti bahaya narkoba dan LGBT. "Anak adalah aset kita, mari kita lindungi mereka," ajaknya.


Pada kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan pesan pencegahan bencana. Ia berpesan agar masyarakat meminimalisir terjadinya bencana khususnya kebakaran terkait cuaca ekstrim.


"Bagi masyarakat ketika keluar rumah, mari pastikan sambungan listriknya aman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," tutupnya.


Selain itu, ia juga mengenalkan salah satu program pemkab Sijunjung yaitu plaza UMKM dalam bentuk aplikasi.


"Tahun ini, yang bertepatan pada HUT Kabupaten, Pemkab Sijunjung telah melaunching pasar yang bersifat online yaitu Plaza UMKM. Ini konsep baru sehingga masyarakat di Kabupaten Sijunjung bisa memasarkan produk-produk nya secara online sehingga usaha atau UMKM masyarakat kabupaten Sijunjung lebih maju," ujarnya.



Sedangkan, Wali Nagari Sungai Batuang, Akmal, S.Pd dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kunjungan tim Ramadan Kabupaten Sijunjung tersebut.


Pada kesempatan tersebut, ia juga sedikit bercerita atau menyampaikan aspirasi masyarakat perihal mesjid yang sudah tidak muat lagi menampung jamaah ketika sholat Jumat terlebih ketika Idul Fitri dan Idul Adha.


"Harapan dengan kekompakan dan persatuan kita bisa terwujud mesjid yang lebih representatif dan dapat menampung kapasitas jamaah di Nagari Sungai Batuang," ucapnya.



Agenda tersebut ditutup dengan tausiah diisi oleh Ustadz Drs. H. Iskandar mubaligh yang juga tergabung dalam tim XII Safari Ramadan tersebut. Karena dihadiri banyak anak-anak, Diakhir ceramah, Ustadz mengadakan kuis berhadiah yang diikuti dengan riang dan gembira oleh anak anak yang hadir tersebut. (Zak)

0 Comments

Post a Comment