Pemprov Sumbar Kirim 1,3 Ton Paket Rendang untuk Korban Gempa Cianjur



MINANGTIME.COM - PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumbar mengirimkan 1,3 ton paket rendang untuk diberikan kepada warga gempa bumi M 5.6 Cianjur yang terjadi pada Senin (21/11).


Pengiriman paket rendang tersebut merupakan prosesi langsung Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, untuk memenuhi kebutuhan permakanan warga.


Paket rendang itu diberangkatkan menggunakan jalur darat pada hari ini, Jumat (25/11/2022) dan dijadwalkan tiba di Cianjur pada hari Minggu (27/11/2022). 


Sebelumnya paket rendang yang akan diserahkan secara simbolis juga telah diberangkatkan menggunakan jalur udara dan dikawal langsung oleh Gubernur Provinsi Sumbar Mahyeldi Ansharullah bersama Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Jumaidi.


Ilham Wahab, Kasie Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sumbar yang turut mengawal pengiriman melalui jalur darat mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sumbar melalui BPBD Sumbar telah mengumpulkan paket rendang dari beberapa OPD terkait, BUMN, lembaga, UMKM dan relawan masyarakat.


Pastinya, paket rendang yang dikirim tersebut memiliki ketahanan sampai 1 bulan sehingga sangat layak dikonsumsi secara langsung oleh warga negara.

“Dari seluruh OPD di Sumatera Barat sangat beragam. Ada yang 10 kilo, ada yang 20 kilo, ada yang 30 kilo. Ada dari BUMN, Baznas dan ada juga dari UMKM,” jelas Ilham.


Pengiriman paket rendang untuk pemenuhan kebutuhan makanan bagi warga yang melampiaskan bencana oleh Pemerintah Provinsi Sumbar bukan menjadi yang pertama kali dilakukan.


Sebelumnya Pemerintah Provinsi Sumbar juga telah mengirimkan paket rendang untuk penanganan bencana yang terjadi di sejumlah wilayah seperti peristiwa Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Lumajang, bencana banjir dan longsor di Aceh, Bengkulu, Dumai, kemudian juga gempa bumi dan tsunami di Palu dan sebagainya. (MC Padang/Marajo)

0 Comments

Post a Comment