Shalat Jumat Perdana di 5 Hari Belajar Mushala Darul Ilmi SMA 4 Bukittinggi Penuh Siswa

Shalat Jumat Perdana SMA 4 Bukittinggi di 5 Hari Belajar

MINANGTIME.COM,Bukittinggi - Sejak dimulai pembangunan mushala dan dilaksanankannya peletakan batu pertama oleh Gubernur
Sumatera Barat Mahyeldi Sabtu, 30 Oktober 2021 di Mushala Darul Ilmi SMA 4 Bukittinggi yang lebih dikenal dengan sebutan SEMPATI adalah awal dimulainya pembangunan mushala yang telah menjadi pemandangan tersendiri dalam perkembangan mushala atau masjid SMA di Bukittinggi.

Terlihat Mushalla Darul Ilmi SMA 4 Bukittinggi  yang sedang dibangun ini menjadi penuh siswa ketika dilaksanakannya Shalat Jumat perdana 8/11/2023 ketika dilaksanakannya peraturan 5 hari belajar oleh Pemerintah Kota Bukittinggi.

SMA 4 Bukittinggi yang berlokasi di Panorama Baru,Kecamatan Mandiangian Koto Selayan Kota  Bukittinggi berada dikawasan penduduk yang ramah dan sarat prestasi ini terus berkembang.

Tidak saja menjadi juara inovasi pustaka nasional tahun 2021 dengan nama Pustaka Sempati Bukittinggi ternyata saat ini SMA 4 Bukittinggi  juga aktif mengembangkan ekstra kurikuler media televisi sebagai ajang kreativitas siswa dalam mengembangkan bakat media dengan membuat chanel  SMA 4 Bukittinggi TV atau yang lebih dikenal dikalangan pelajar SMA Bukittinggi dan umum dengan SEMPATI TV.

Sejalan pengembangan siswa dalam mengisi  pengetahuan dan bakat SMA 4 Bukittinggi yang dikepalai oleh Dra Eli Noverna M.Si ini tidak melupakan pembangunan akhlak dengan konsentrasi pendidikan agama.

Pendidikan Agama Islam yang merupakan  sebagai mata pelajaran utama yang terus diterapkan dalam lingkungan sekolah diharapkan akan bisa menciptakan siswa yang beriman,bertaqwa,berteknologi serta berakhlak.

Untuk pengembangan agama di SMA 4 Bukittinggi  digencarkanlah  kelas tahfiz dan kegiatan-kegiatan keagamaan yang dipusatkan di Mushala Darul Ilmi.

"Mushala dengan ukuran 20x20 m dengan siswa 950 orang lebih dan sedang dalam pembangunan ini sebenarnya belum bisa menampung jamaah siswa-siswi  karena belum selesainya pembangunan mushala." Ungkap Beni Fitraza Dt Parpatiah salah seorang guru SMA 4 Bukittinggi.

Pelaksanaan Shalat Jumat perdana SMA 4 Bukittinggi setelah diterapkannya 5 hari belajar memang terlihat berdesak-desakan jamaah siswa di Mushala  Darul Ilmi yang sedang dibangun ini karena biasanya siswa-siswa sebelum diterapkan 5 hari belajar langsung pulang.
Karena padatnya pelajaran di 5 hari belajar dan pada hari Jumat sudah pasti siswa-siswi akan berada di sekolah.

"Anak-anak yang tidak tertampung Shalat Jumat  di SMA 4  biasanya Shalat di Masjid sini dan sekarang sepertinya di sekolah karena harus segera kembali " Kata salah seorang jamaah Masjid Baitul Khaliq yang berlokasi di Panorama Baru

Suasana shalat Jumat perdana SMA 4 Bukittinggi cukup khidmat dan Shalat Jumat ini terlaksana dengan menerapkan pendidikan bidang studi Agama Islam kepada siswa agar bisa mempersiapkan  Imam,Muazhin dan Khatib seperti yang dilakukan masjid-masjid besar sehingga akan didapat pembelajaran bagi siswa untuk mempersipakan sebuah pelaksanaan ibadah.

Persiapan pelaksanaan Shalat Jumat perdana di SMA 4 Bukittinggi oleh majelis guru dan siswa laki-laki  terpancar suasana yang sangat haru sekali.

Shalat Jumat perdana di SMA 4 Bukittinggi dengan Khatib  Drs H Thamrin M.Ag dan Imam Efrizon dari Bukittinggi Quran Centre (BQC) serta Muazhin oleh siswa SMA 4 Bukittinggi sendiri tidak mengurangi kekhusukan Shalat Jumat yang terlihat juga dibarisan saf jamaah Kabid Kacabdin Sumbar dengan ketua komite SMA 4 Bukitinggi meskipun berdesak-desakan.

Mushala Darul Ilmi SEMPATI Bukittinggi   

Sama seperti pelaksananaan Shalat Jumat ditempat lain sebelum shalat tetap dijalankan kotak sedekah  dan infak guna pengumpulan dana yang ditujukan untuk pembangunan mushala.

Menjalankan infak dan sedekah untuk pembangunan mushala Darul Ilmi sepertinya tidak saja pada Shalat Jumat perdana SMA 4 Bukittinggi tapi juga sudah dilaksanakan sebelum ini karena seperti yang diungkapkan salah seorang siswa bahwa sedekah terus dikumpulkan setiap pagi sebelum proses belajar dan Shalat Dhuha dengan nama Sedekah Subuh.

Sedekah Subuh SMA 4 Bukittinggi dan pengumpulan infak atau sedekah dari donatur serta orang tua murid dengan majelis guru menjadikan mushala Darul Ilmi SMA 4 Bukittinggi telah berdiri seperti saat ini meskipun masih banyak dana yang diperlukan agar cepat selesai.

Suasana Pembangunan Masjid Darul Ilmi SMA 4 Bukittinggi masih Terbengkalai

Mushala Darul Ilmi SMA 4 Bukittinggi harus terus dikembangkan dengan pembangunan yang baik hingga bisa dijadikan sentrasi majelis ilmu disamping shalat berjamaah karena telah menjadi harapan siswa-siswa, majelis guru dan orang tua siswa karena banyak siswa atau siswi yang menghabiskan waktu di Mushala dalam diskusi-diskusi agama guna mendalami Agama Islam yang terus dipandu guru agama,guru tahfizh serta majelis guru SMA 4 Bukittinggi. *RB

0 Comments

Post a Comment