Perayaan Khatam Al Quran TPQ Fathul Qulub Baso ke-14 di Bulan Muharam Meriah

Indra Catri Berkesempatan Melepas Arak Arakan Khatam 


Foto Peserta Khatam dengan Indra Catri,Tokoh Masyarakat dan Pengurus


MINANGTIME.COM,Bukittinggi - Perayaan Khatam Al Quran Taman Pendidikan Quran (TPQ) Fathul Qulub Baso yang beralamat di Jalan Sungai Jernih Labuah Kajai - Masjid Darul Ihsan Baso, Nagari Tabek Panjang Baso,Kecamatan Baso Kabupaten Agam  berlangsung meriah.

Bulan Muharam dan tahun baru Islam 1445 H menjadi pilihan hari perayaan yang  jatuh pada hari Sabtu sampai Minggu dari tanggal 5-6 Agustus 2023 diikuti sebanyak 39 orang peserta yang berasal dari Kecamatan Baso dan sekitarnya.

Pembukaan yang sudah dimulai pada Sabtu 5/8/2023 dibuka oleh Camat Kecamatan Baso Rio Eka Putra dan di isi  dengan berbagai lomba serta Tilawah Quran  yang bertujuan sebagai pembuktian kemampuan anak didik.

Arak-arakan Khatam Quran TPQ Fathul Qulub Baso

Perlombaan lain yang diadakan seperti pidato,puisi,Asmaul Husna,Muratal-Tahfidz,Azan dan Khutbah menjadikan  daya tarik tersendiri bila mengikuti pendidikan di TPQ Fathul Qulub 

Sementara itu pendidikan Tilawah sebagai target utama dengan menghubungkan kelas hafalan Al Quran atau Thfidz secara Muratal menjadikan orang tua murid menyandarkan pendidikan anak-anak mereka kepada TPQ Fathul Qulub dan guru serta pengurus.

Pimpinan TPQ Lihayati Bahar dan juga pensiunan Kemenag yang dikenal sebagai Qariah Nasional,Seniman Gambus atau  Qasidah serta tokoh masyarakat perempuan Baso ini terjun langsung mendidik di TPQ Fathul Qulub.

Lihayati Bahar Pimpinan TPQ Fathul Qulub

"Khatam tidak sampai saja disini dan anak-anak teruslah mencintai Al Quran. Segala yang dirayakan hari ini adalah pembuktian TPQ Fathul Qulub dan terutama sekali untuk pembuktian anak-anak kepada orang tua yang telah mengamanahkan anak-anak kepada kami." Ungkap Lihayati Bahar saat memberi sambutan atas nama guru dan pengurus menjelang pengumuman terbaik Khatam.


Hadiah yang terkumpul dari donasi dan orang tua murid semua bertujuan sebagai apresiasi dan kebahagiaan dihari perayaan sehingga tidak.menjadi beban wali murid karena sampai saat ini perayaan Khatam Quran adalah tradisi dan kebudayaan serta syiar yang masih terpelihara di Luhak Agam.

Arak-arakan Khatam  Quran  yang dilepas Indra Catri tokoh masyarakat Sumatera Barat dan juga mantan Bupati Agam 2 periode serta didampingi unsur-unsur pemerintah Kecamatan Baso Minggu 6/8/2023 pukul 8 pagi  dari Pondok Alquran Fathul Qulub dengan start awal di Masjid Darul Ihsan menambah perayaan  ini semakin meriah. 

Pawai berakhir menjelang waktu Dzuhur dan menjelang Ashar dilakukan pengumuman berbagai perlombaan

Arak-arakan Peserta Khatam Al Quran TPQ Fathul Qulub

Setelah Ashar tampak kebahagiaan terpancar dari panitia,orang murid dan guru serta pengurus karena saling membahu sebagai keluarga besar TPQ Fathul Qulub yang dikelola secara mandiri itu. TPQ Fathul Qulub mampu bersinergi dengan nagari,masyarakat dan pemerintahan sehingga acara terlaksana dengan baik. Terbukti jelas  dengan kebahagiaan peserta dan orang tua murid dengan muka berseri melihat kemampuan anak anak dan bingkisan apresiasi terhadap semua peserta didik. 

Bagi orang tua yang berkeinginan dan ingin mempersiapkan anak-anak mereka menjadi generasi imani maka pilihan mengantar anak-anak mengikuti pendidikan  ke TPQ Fathul Qulub layak menjadi rekomendasi. 

RB*

0 Comments

Post a Comment