Perguruan Silat Kurnia Sandi Laksanakan Pengukuhan Kenaikan Sandi dan Ujian Naik Sandi

Anggota Perguruan Silat Kurnia Sandi bersama Dewan Guru dan Kepala BAMUS saat pembukaan Acara.


MINANGTIME.COM-Perguruan Silat Kurnia Sandi mengadakan acara pengukuhan kenaikan sandi dan ujian naik sandi untuk anggota Kurnia Sandi oleh dewan guru di Gedung Pertemuan Aidarsyah, Minggu (17/10).


Acara Pengukuhan Kenaikan Sandi dan ujian kenaikan sandi ini adalah salah salah satu bentuk kenaikan tingkat anggota perguruan silat kurnia sandi dalam tahap latihannya. Pengukuhan ini dilaksanakan karena perkembangan perguruan silat kurnia sandi yang cukup bagus sehingga diberikanlah pengukuhan kenaikan sandi oleh dewan guru.


Acara ini dibuka langsung oleh Eril Syahrial selaku senior dari Perguruan Silat Kurnia Sandi sekaligus Ketua Badan Musywarah (BAMUS) Kenagarian Air Bangis. Dia mengungkapkan bahwa Perguruan Silat Kurnia Sandi adalah salah satu wadah untuk bisa melestarikan budaya Kenagarian Air Bangis.


“Dengan adanya Perguruan Silat Kurnia Sandi dapat meningkatkan minat remaja Air Bangis untuk dapat berkegiatan positif, dengan adanya kegiatan positif seperti ini akan memperkecil resiko kemunculan kegiatan negatif,” ucapnya.


Selanjutnya Eril juga menyampaikan bahwa dari pihak kenagarian akan siap untuk membimbing perguruan Silat Kurnia Sandi.


“Kami dari pihak kenagarian akan selalu medukung dan mensupport agar perguruan silat kurnia sandi ini bisa berkegiatan dan tetap melestarikan budaya Nagari Air Bangis kepada para generasi muda,” tuturnya.


Selain itu, Asril Malin Bungsu selaku dewan guru dari Perguruan Silat Kurnia Sandi berharap bahwa Perguruan Silat Kurnia Sandi ini bisa didukung dan dibimbing.


“Saya berharap wali nagari, BAMUS dan segala unsur-unsur dalam masyarkat bisa mendukung dan memberikan bimbingan kepada perguruan silat kurnia sandi agar Perguruan Silat Kurnia Sandi bisa lebih maju kedepannya,” ujarnya.


Lebih lanjut, Asril menyampaikana pada intinya Perguruan Silat Kurnia Sandi mengajak untuk berolahraga dan berseni.


"Moto Perguruan Silat Kurnia Sandi ini adalah Berawal dari olahraga yang dibaluti oleh seni melahairkan pondasi dan sandi yang bernafaskan bela diri. Jadi pada intinya Kurnia sandi mengajak kita untuk berolahraga dan berseni. Dengan berolahraga badan jadi sehat, dengan seni hidup jadi indah. Indah adat indah beradab maka lahirlah kedamaian," tutupnya.


Anggota Perguruan Silat Kurnia Sandi yang dikukuhkan berjumlah 15 orang, sedangkan semua peserta yang menghadirkan acara pengukuhan kenaikan sandi dan ujian kenaikan sandi ini sebanyak kurang lebih 35 orang.

0 Comments

Post a Comment