Warga Timor Leste Turut Berduka atas Meninggalnya Bj Habibie


SUMBAR.ONLINE, DILI – Kabar meninggalnya mantan Presiden RI ke 3 Bj Habibie tersiar cepat hingga ke Negara Timor Lorosae atau dikenal Timor Leste.

” Kami segenap warga Timor Leste turut berduka atas meninggalnya Bapak Bj Habibie semoga mendapat tempat terbaik di hadapan tuhan”, ujar salah seorang warga Timor Leste Rodrigo Silva.

Seperti diketahui Bj. Habibie selain menjadi tokoh cendikiawan bangsa ia juga sangat dikenang oleh masyarakat Timor Leste, kenapa tidak, Bj Habibie jasanya sangat melekat pada warga Bekas provinsi ke 27 tersebut yang mengesahkan dan mengakui kemerdekaan Timor leste lepas dari Pangkuan NKRI.

” Jasa Bj Habibie bagi warga timor leste tidak dapat dilupakan, ” tutur Rodrigo Silva  seorang warga TL di Jakarta.

Habibie punya tempat tersendiri di hati warga Timor Leste. Terlepas dari pro dan kontra, Habibie lah yang memberikan hak referendum bagi Timor Leste untuk “menentukan nasib sendiri”.

Senin, 30 Agustus 1999, menjadi hari bersejarah bagi warga Timor Leste. Kala itu, warga di wilayah–yang masih menjadi bagian dari NKRI bernama Provinsi Timor Timur itu–diberikan hak untuk menentukan nasib sendiri oleh pemerintah pimpinan Presiden RI kala itu, BJ Habibie.

Hasil referendum itu, kamu sudah tahu sekarang bahwa sebagian besar warga Timor Timur memilih untuk memerdekakan diri dan menjadi negara dengan nama Timor Leste. Tak berlebihan rasanya “BJ Habibie” dijadikan nama jembatan dan taman di Timor Leste pada peringatan 20 tahun Referendum Timor Leste.

Dikutip dari Antara, penggunaan “BJ Habibie” untuk nama jembatan dan taman tersebut, merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan rakyat dan pemerintah Timor Leste atas jasa besar dan kontribusi BJ Habibie karena terlaksananya referendum di Timor Leste. (*/Rimba)

0 Comments

Post a Comment