29 Warga Sumbar Jadi Korban, Forum Awak Minang Mengutuk Kerusuhan Papua



Sumbar.online, Jakarta - "Sebagai orang Minang, kami mengutuk keras tindakan oknum di Papua yang menyebabkan saudara kami meninggal dunia dan meminta gubernur Sumatera Barat untuk memulangkan seluruh warga Sumatera Barat di Papua," tegas Koordinator Forum Mahasiswa dan Pemuda Awak Minang, Dede Prandana Putra, di Jakarta, Jum'at (27/9).

Dede mengatakan sudah saatnya aparat keamanan bertindak represif terhadap pelaku teror yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. "Jangan sampai aparat keamanan hanya bertindak represif kepada mahasiswa yang demonstrasi," katanya.

Aparat keamanan, terutama pihak kepolisian, lanjut Dede, harus memastikan keamanan warga rantau di Papua. "Saya dapat informasi, tidak hanya warga Sumatera Barat saja yang menjadi korban. Ada juga warga Sulawesi Selatan yang menjadi korban akibat aksi teror di Wamena, Papua," ujarnya.

Dede menambahkan aparat keamanan harus memastikan keamanan seluruh warga rantau yang ada di Papua. "Jika kedepan masih terjadi kerusuhan atau teror, maka sudah saatnya juga aparat keamanan bertanggungjawab dan sudah saatnya pula Kapolri harus bertanggungjawab karena tidak mampu menjamin keselamatan dan keamanan seluruh warga negara Indonesia di wilayah negara kesatuan Republik Indonesia. Kami mendesak presiden mencopot Kapolri jika tidak dapat memberikan jaminan keamanan bagi rakyat Indonesia," tuturnya.

Terakhir, Dede mengucapkan turut berbelasungkawa atas jatuhnya korban jiwa dalam kerusuhan di Wamena. "Saya mewakilki Forum Mahasiswa dan Pemuda Awak Minang mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya puluhan masyarakat akibat kerusuhan di Wamena, Papua," tutup Dede.
(Fauzaki)

0 Comments

Post a Comment