Koteka Dan Bintang Kejora Akhirnya Tampil Didepan Istana

Demonstran Papua Longmarch  Depan Istana Dengan Tubuh Dicat Bendera Bintang Kejora dan Memakai Koteka (istimewa)

Sumbar.Online, Jakarta – Demonstran Papua yang tergabung dalam segala aliansi Mahasiswa kepemudaan dan warga Papua serta Papua Barat menggelar Aksi ‘Longmarch’ didepan Istana Negara, Rabu (28/8).

Selain menuntut Keadilan terkait kasus Rasisme yang menimpa rakyat Papua mereka juga oknum tersebut menunjukkan hal ciri khas unik Papua.

Beberapa pemuda mengecat tubuhnya dengan bendera Bintang Kejora serta bahkan lebih menariknya adalah alat Koteka Khas Papua turut dipakai mengiringi aksi yang menarik perhatian masyarakat.

” Pertama sekali koteka, Bendera Bintang Kejora Berkibar didepan Istana,” ujar salah seorang pejalan kaki yang tidak ingin disebutkan namanya.

Koteka adalah pakaian untuk menutup kemaluan laki-laki dalam budaya sebagian penduduk asli Pulau Papua. Koteka terbuat dari kulit labu air, Lagenaria siceraria. Isi dan biji labu tua dikeluarkan dan kulitnya dijemur. Secara harfiah, kata ini bermakna “pakaian”, berasal dari bahasa salah satu suku di Paniai.

Seperti diketahui, Puluhan mahasiswa Papua kembali mengibarkan Bendera Bintang Kejora saat berunjuk rasa menuntut referendum di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (28/8). Mereka juga meminta Presiden Jokowi agar menemui massa.

Bendera Bintang Kejora juga sempat dikibarkan di depan Istana Negara oleh massa dari Papua yang berunjuk pada rasa pekan lalu.
(Rimba)

0 Comments

Post a Comment