Sunatan Massal Alumni SMA 1 Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat UNAND Sukses.


Sunatan Massal IASMA 1 Fakultas Kedokteran dan Kesmas 2023

MINANGTIME.COM,Bukittinggi - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum dan Gigi serta Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Padang Tahun Ajaran 2020,2021 dan 2022 Padang  berhasil melaksanakan kegiatan sunatan massal di komplek SMA 1 Bukittinggi.

Kegiatan yang diprakarsai  dan dilaksanakan  Alumni SMA 1 Bukittinggi yang sedang aktif di Fakultas Kedokteran Umum,Gigi dan Kesehatan Masyarakat UNAND dengan memperdayakan rekan-rekan sejawat mereka di bidang medis yang sudah menamatkan pendidikan serta berprofesi sebagai dokter atau pekerja kesehatan.

Suasana Tindakan Sunatan

Pelaksanaan sunatan massal di komplek SMA 1 Bukittinggi terlihat dihadiri antusias sekali oleh  masyarakat sekitar Bukittinggi dan Agam.

Sbelum pelaksaanaan panitia sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Bukittinggi,SMA 1 Bukittinggi dan Ikatan Alumni SMA 1 Bukittinggi. 

Dalam hal kegiatan panitia didukung sepenuhnya oleh IASMA 1 Sumbar  dan langsung dibuka oleh Yohanes sebagai perwakilan pengurus IASMA 1 di Bukittinggi Minggu (2/7/2023),  

Panitia dan tim yang berjumlah 30 orang tampak di lapangan dengan pembagian-pembagian tugas yang sudah terstrukur serta terlihat siap, Memakai uniform fakultas dan peralatan-peralatan yang baik sehingga membuat para peserta nyaman.

"Dulu Om nya  juga dikhitan di sini, Sekitar 15 tahun lalu dan kebetulan kami tinggal dekat sini." Kata salah seorang orang tua anak yang ikut sunatan dan tinggal di Pasar Bawah Bukittinggi yang  berbatasan langsung dengan Komplek Pertanian Landbouw Bukittinggi.

Seperti yang dikatakan orang tua anak lain yang juga ikut sunatan kalau mereka selalu menunggu kegiatan ini karena sepengetahun mereka bahwa kegiatan ini sudah rutin untuk keluarga tidak mampu di sekitar pasar bawah dan mereka  juga tertarik setelah sunatan selalu dapat bingkisan yang bermanfaat untuk sekolah anak.

Para peserta dan Orang Tua Menunggu Tindakan

Senada ini ketua pelaksana kegiatan Ahmad Fadli Fakultas Kedokteran Umum Unand  semester 4 dan alumni IASMA 1 tahun 2019 yang angkatannya dinamai Ranah Pandeka menyampaikan kalau kegiatan mereka sasarannya memang kepada keluarga tidak mampu. 

"Disamping meringankan beban orang tua dan berkhitan merupakan sunah rasul maka alumni kesehatan yang masih muda terpanggil serta termotivasi medis melaksanakan sunatan masal.
Disamping baik untuk kesehatan dan membantu sekali keluarga tidak mampu karena  sirkumsisi atau sunat tidak ditanggung  BPJS." Jelasnya disela-sela kegiatan.. 

"Kegiatan berjalan lancar dan kami didukung ketua IASMA 1 Pusat dan Sumbar Uda Indra Meidi  dan Uni Prof Marlina serta Uda atau Uni yang bekerja di pusat-pusat pelayanan kesehatan di Bukittinggi" Tambah Fadli.

Dilapangan panitia dibantu alumni-alumni SMA  1 Bukittinggi   sudah ahli dan berprofesi dokter seperti dr Ikrima Ainal Qalbi (2012),dr Rizky Putra Ismeldi (2015) serta dr Fikri Jamik (2018).

Peralatan-peralatan medis minor terlihat lengkap seperti surgery set,tensimeter dan alat-alat lain karena pada pelaksanaan sunatan massal  juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga Bukittinggi sekitarnya yang mana semua kegiatan ternyata bisa menunjang poin keaktifan mahasiwa di kampus dalam program Student Activities Performance Sytem (SAPS)

Di tempat terpisah dr Hariadi Sp OG sebagai dokter senior dan pelindung kegiatan sunatan  gratis IASMA 1 Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyrakat UNAND  tahun 2023 menyampaikan juga kalau gagasan ini sudah dimulai sejak tahun 2006 dan terus dilaksanakan setiap tahunnya sampai sekarang.

Dorongan kegiatan ketika itu ditujukan kepada alumni-alumni muda atau  tamatan SMA 1 Bukittinggi yang sedang kuliah agar bisa belajar kepedulian yang telah diperbuat atau ditularkan senior-senior alumni dengan cara berbakti kepada masyarakat lewat kepedulian medis

Ahmad Fadli (kiri) dan Sejawat serta Ketua TPK Sumbar Romi Meyka (kanan)

Kegiatan sunatan gratis berakhir pada pukul 5 sore dengan pasien sebanyak 19 orang dan 5 orang batal karena kontra indikasi medis serta masyarakat yang ikut pemeriksaan kesehatan gratis sekitar 50 orang.

Selesai kegiatan tampak terpancar wajah bahagia dari panitia dan berharap tidak ada masalah pasca sunatan. Semua pasien tetap dalam pantauan medis panitia dan dilanjutkan dengan foto bersama segenap panitia,alumni serta OSIS SMA 1 Bukittinggi yang hadir  saat itu.

Bila ada keluhan-keluhan pasca khitan panitia juga  menyampaikan bahwa pasien bisa menghubungi ketua panitia Fadli di HP 081236898339.

Ul890





























0 Comments

Post a Comment