Kementerian Desa PDTT, Duta Digital Solok Berangkatkan 25 Orang Kader Digital Bimtek di Jakarta



Program Desa Cerdas (Smart Village) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bekerja sama dengan Bank Dunia (Work Bank) dengan tujuan agar masyarakat desa adil dan setara menerima keterbukaan komunikasi dan informasi seperti masyarakat kota pada umumnya.


Setelah melakukan perekrutan Duta Digital di tingkat kabupaten/kota seluruh indonesia, Kementerian Desa kembali merekrut Kader Digital Desa, duta dan kader dalam rangkaian pendamping yang akan melakukan pandamping kegiatan di desa atau lokus.


Koordinator Kabupaten Solok. (Korkab), nama panggilan Hengki, Nanda, Jafni, Fajri dan Tennok kami ada lima orang Duta Digital menyampaikan, untuk Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat, Kader Digital yang direkrut sebanyak 25 orang di 25 nagari/desa dari 74 nagari yang ada di Kabupaten Solok dan sudah di SK kan oleh Walinagari. Sesuai dengan tahapan Bimbingan Teknis (Bimtek) pada tanggal 30 Mei - 08 Juni 2024, para kader tersebut diberangkatkan mengikuti Bimtek di Jakarta.


Rencananya setelah bimbingan teknis, para Kader dan Duta Digital melaksanakan tahapan Pembentukan Komunitas Desa Digital (RKDD) di 25 Nagari/desa. Sejalan dengan melakukan sosialisasi program Desa Cerdas pada Desa lokus masing-masing. "Setelah Bimtek, kami Duta dan Kader bentuk RKDD serta sosialisasi ke masyarakat ,"katanya lagi


Harapannya, setelah bimbingan teknis tersebut, para kader digital desa dapat memahami apa itu program deaa cerdas (smart village) sehingga dilapangan nantinya, dapat berjalan sesuai yang dicanangkan. "Saya berharap setelah bimtek, mereka paham betul kerja-kerja program ini," harap Hengki


Untuk diketahui, kegiatan Smart Village dari Kementerian Desa PDTT, merupakan sebuah program yang mengikuti perkembangan zaman. Sebab, lajunya keterbukaan komunikasi dan informasi, menuntun masyarakat mengerti akan digital. Sehingga tidak menjadi korban teknologi dan juga tidak terlambat dalam mengakses informasi.

0 Comments

Post a Comment