Letusan Kepundan Gunung Marapi Agam Membuat Hujan Abu

       Letusan Kepundan Gunung Marapi

MINANGTIME.COM,Bukittinggi - Letusan kepundan Gunung Marapi Kab Agam terjadi hari ini Minggu 3/12/2023 sekitar pukul 15.00 WIB.
Kejadian yang berlangsung mendadak dan meletuskan kepundan diawali dengan getaran dan kemudian letusan serta diringi bunyi seperti guruh.

Terlihat letusan hitam dan meninggi keatas yang diperkirakan mengandung belerang dan api serta luncuran lahar sepertinya bisa terjadi karena dari saksi mata yang terdekat dari lokasi menyampaikan ledakan telah mencurahkan debu yang dirasakan di atap rumah.
"Sepertinya ada hujan debu dengan kandungan partikel dengan bahan dari hasil letusan" Ujar Don yang terus menyaksikan dan waspada ketika letusan tokoh pemuda Lukok Sungai Pua,Agam.


        Suasana Sekitar Gunung Marapi

Sementara itu masyarakat terlihat keluar rumah selama terjadi letusan dan melakukan siaga dengan tetap mengamati.

Tertangkap dari pembicaraan masyarakat tentang keprihatinan kejadian ini bila ada yang mendaki dan tidak terpantau informasi aktifitas gunung  ketika bahaya letusan terjadi yang membahayakan. Tidak saja pendaki tapi juga masyarakat.

Saat berita ini disampaikan  belum didapat informasi dari PVMBG Bukittinggi dan masih akan ditunggu informasi berikutnya.

Menjelang Ashar pukul 15.30 mendung dan gelap serta hujan yang kebetulan juga turun mulai reda dan suasana cerah kembali.
*rb



0 Comments

Post a Comment