Generasi Muda dalam Mewujudkan Cita-Cita Berbangsa dan Bernegara

 



MINANGTIME.COM - Darul Siska kembali menggelar kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di depan ratusan anak muda Kota Padang. Darul Siska menyajikan materi Pancasila dan UUD NRI 1945 yang harus dipahami oleh generasi muda sebagai generus bangsa dan calon pemimpin Indonesia. 


Darul menyebutkan jika cepat atau lambat pemimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia akan diganti oleh pemuda dan pemudi yang sekarang duduk di dihadapannya. Sebagai calon pemimpin sudah seyogyanya memiliki pemahaman tentang dasar negara dan cita-cita didirikannya Negara Indonesia. 


Pemahaman itu harus menjadi dasar dan menjadi alasan utama dalam setiap mengambil keputusan. Menjadi seorang pemimpin harus mengutamakan kepentingan rakyat dan kepentingan bersama, bukan kepentingan kelompok atau pribadi.


Di dalam menjadi pemimpin yang bermanfaat dan berjuang untuk rakyat harus menjadi pribadi yang telah membentengi dirinya dari semua keburukan melalui keimanan dan ketaqwaan. Kedua hal tersebut penting untuk dimiliki oleh siapapun, dan harus dijadikan benteng diri baik dalam kehidupan pribadi, berkeluarga, bertetangga, hingga bernegara. 


Ketika seseorang telah memiliki benteng yang kokoh dalam dirinya maka setiap pikiran, perkataan, dan perbuatannya akan baik dan tidak merugikan orang lain bahkan akan memberikan manfaat kepada sesama.


Di dalam kegiatan ini juga diadakan sesi diskusi tanya jawab yang membahas terkait peran generasi muda dalam perwujudan cita-cita berbangsa dan bernegara sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Generasi muda harus menjadi generasi penerus yang melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan ke arah yang lebih baik hingga semua manusia Indonesia menjadi manusia yang berkualitas dan sejaterah.


Darul juga berpesan untuk kelak jika menjadi pemimpin generasi muda harus mengedepankan kepentingan bersama dan lebih dewasa. Tindakan dan keputusan yang diambil harus mempertimbangkan segala risiko dan dampaknya. 


Kebijakan tidak boleh diambil karena kepentingan pribadi melainkan harus berdasarkan masyarakat yang hingga generasi selanjutnya. Setiap generasi harus melahirkan generasi yang lebih baik supaya Indonesia dapat menjadi negara yang besar dan berkualitas manusianya.

0 Comments

Post a Comment