Direktur Polstra Yakini Elektabilitas NasDem dan Anies Baswedan Akan Merosot Drastis

Direktur Eksekutif Polstra Research and Consulting Yovaldri Riki Putra



MINANGTIME.COM -- Direktur Eksekutif Polstra Research and Consulting Yovaldri Riki Putra meyakini Partai Nasional Demokrat Nasdem akan menghadapi drama panjang dan banyak penilaian negatif pasca Johnny Gerald Plate ditetapkan tersangka kasus dugaan korupsi proyek BTS Bakti senilai Rp8,7 triliun.


Salah satunya adalah elektabilitas NasDem dan Calon Presiden (Capres) yang mereka usung yang di predikisi akan merosot secara drastis.


Dalam siaran pers yang diterima Redaksi Minangtime.com Kamis (18/5/2023) Yovaldri mengatakan Penetapan Jhony G Plate sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek BTS Bakti senilai 8,7 Trilyun menjadi perhatian publik.


Perhatian publik seketika beralih bahkan dari dahsyatnya euforia kemenangan tim sepakbola Indonesia di sea games -bukan tanpa alasan, sebab Jhony G Plate adalah sekjen Partai Nasdem, partai yang cukup menjadi perhatian sebab menjadi partai yang pertama mendukung Anies Baswedan


"Selain karena partai pertama yang mendukung Anies Baswedan, partai ini menjadi perhatian juga disebabkan oleh posisi politik Nasdem yang masih berada di koalisi pemerintahan Jokowo -Ma"ruf Amin, sedangkan ekspektasi publik pendukung Anies, Anies Baswedan adalah anti thesis Joko Widodo, namun Nasdem memperlihatkan keseriusannya dalam mendukung Anies Baswedan", terang Riki


"Penetapan Jhony G Plate sebagai tersangka korupsi berdampak langsung kepada elektabilitas Partai Nasdem dan Anies Baswedan. Elektabilitas Nasdem dan Anies berpotensi tergerus.


Menurut Polstra Research and Consulting , ada dua hal yang mendasari tergerusnya suara Nasdem dan Anies Baswedan


"Pertama, isu pemberantasan korupsi masih menjadi isu besar dalam perhatian publik, terutama untuk menentukan pilihan presiden pada pemilu. Dan Nasdem sebagai representasi Anies Baswedan saat ini tentu diberikan penilaian negatif oleh publik.


"Kedua, akhir-akhir ini Anies Baswedan tidak memiliki momentum positif yang mendongkrak elektabilitasnya. Tampak belakangan di survei terbaru, elektabilitas Anies terus turun ke angka 16-18 %, namun dengan kasus Jhony G Plate ini menjadi babak baru dibangunnya sentimen negatif terhadap Anies Baswedan, Nasdem dan Anies Baswedan akan dihadapkan dengan gempuran sentimen negatif."


"Nasdem akan menghadapi drama yang cukup panjang dan berpotensi menggerus persepsi positif terhadap Nasdem, sebab publik melalui media tentu akan terus memantau perkembangan kasus ini, apalagi nilai potensi kerugian negara fantastis 8 trilyun lebih."


Terkait desas-desus politisasi hukum terkait kasus yang membelit Johnny G Plate,


Riki menilai persepsi demikian lumrah lahir pada setiap kasus hukum yang melibatkan aktor politik, apalagi memegang jabatan strategis di partai politik, ditambah lagi timing terjadinya di tahun politik mendekati pemilu.


Editor : Fikri Haldi

0 Comments

Post a Comment