Delegasi Indonesia Paparkan Rehabilitasi Narkoba LP Kelas IIA Pematangsiantar di Acara International Recovery Summit 2023 di Malaysia



MINANGTIME.COM, MEDAN - Asia Metropolitan University melalui Emeritus Addiction Studies  Membuat kegiatan International Recovery Summit 2023 mulai tanggal 8 s.d 11 Mei 2023 bertempat di Swiss Garden Hotel Melaka Malaysia.


Acara tersebut adalah pertemuan rutin pertemuan profesional adiksi dari seluruh dunia dan tahun ini Malaysia menjadi penyelenggara kegiatannya yang diikuti 70 peserta dari 9 Negara yaitu Indonesia,  Malaysia, United Kingdom (Inggris) , Philipina, Buthan, India, Nepal, Singapura dan Thailand.


Dalam kegiatan tersebut Delegasi dari Indonesia adalah Muhammad Taufik Ismail S.E.,ICATS. ICAP I ditunjuk sebagai  pembicara dalam hari terakhir tentang tema praktek terbaik menjalankan rehabilitasi. 


Taufik yang mewakili  Fokus Rehabilitasi dan LP Kelas IIa Pematangsiantar tersebut memaparkan bagaimana menjalankan rehabilitasi di dalam Penjara.



Pada kesempatan tersebut, Taufik memaparkan kurang lebih 24 Slide. Dalam paparannya Taufik mulai menjelaskan bagaimana mengimplementasikan program rehabilitasi narkoba di dalam lapas mulai dari penerimaan s.d terminasi. 


Banyak tanggapan Positif  dari banyak Delegasi sperti khususnya  para pemerhati Hak Asasi Manusia.


Tay Bian How selaku Director Emeritus Addiction Studies saat dikonfirmasi mengatakan bahwa rehabilitasi harus dilakukan dengan sesuai standar yang ada dengan mengedepankan Hak asasi manusia dan menggunakan Evidence Based Practices 


"Apa yang dilakukan teman teman di Indonesia khususnya di LP Kelas IIA Pematangsiantar cukup baik karena sudah mengacu Ke International Standart," ucapnya, Kamis (11/05/2023).


Disaat yang sama, Taufik  selaku Delegasi Indonesia membenarkan bahwa apa yang dipaparkan adalah apa yg dikerjakan. 


"LP Klas IIA Pematangsiantar berkomitmen untuk meningkatkan layanan untuk memenuhi hak para korban penyalahgunaan napza yang sedang menjalani pidana penjara," katanya.



Diakhir wawancara, Taufik menyampaikan  terimakasih kepada Ka. Div Pemasyarakatan Kanwilkumham Sumut bapak Rudi F Sianturi, Ka LP Kelas IIA Pematangsiantar Bp. M phitra Jaya, Bapak Kabid Yantahwat Div Pas Kanwil Kemenkumham  sumut, Kasie Binadik LP Kelas IIA Pematangsiantar Bapak Erwin Siregar serta seluruh tim Pokja Rehabilitasi dan Konselor Adiksi Fokus Rehabilitasi  atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan.


"Terimakasih atas kepercayaan mewakili dan kesempatan untuk memaparkan apa yang sama sama kita kerjakan, sekali lagi saya sangat terima kasih," pungkasnya. (Rel)

0 Comments

Post a Comment