Demokrasi Milenial Menuju Politik 2024

 



Oleh: M Ridwan

Demokrasi! Sebuah ungkapan yang sudah tidak asing di telinga masyarakat indonesia. Pikiran kita digiring berfantasi pada ruang-ruang tertentu yang melekat dengan demokrasi. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari politik, pemilihan umum, bahkan sampai pada kebebasan berserikat dan berpendapat. Hari-hari menjelang pemilu 2024 merupakan waktu yang memikat untuk membicarakan perihal demokrasi. Menemukan makna demokrasi sesungguhnya, perlu suara-suara lantang yang menggaungkan. Agar suara keadilan dan kebebasan yang selalu diyanyikan sampai kepada telinga para penguasa yang acap mendengar. Peran pemuda sangat dibutukan. Sebagai penyambung lidah, memercikkan api penerang, menggetarkan rasa kemanusiaan. Karena pemuda ialah mulut bagi suara-suara yang diacuhkan!

Penerus bangsa? Ya mereka. Pemuda Indonesia!!!Melanjutkan perjuangan, mempertahankan kemerdekaan,membumikan budaya Nusantara. Mengkaji pada hal yang progresif, sangat dibutuhkan peran pemuda sebagai taman berdiskusi untuk memercikkan api penerang di tengah masyarakat. Menyuarakan suara rakyat kecil yang kerap tertinggal oleh suara pembelot berkedok malaikat. Menegakkan keadilan tanpa pandang siapa dan apa jabatannya.

Saat ini telah banyak pemuda Indonesia yang terjun pada dunia politik dan beberapa di antara mereka telah mampu berkontribusi dalam berbagai hal. Tentunya hal ini akan sangat membantu dalam mewujudkan semangat juang untuk menuju Indonesia emas 2045. 

Beberapa dari pemuda yang maju saat ini adalah mereka yang mampu beradaptasi dengan masyarakat. Selain memiliki gaya komunikasi yang bagus, ide kreatif dengan wawasan luas serta pola pikir yang kritis sangat diperlukan  demi tercapainya kemajuan bangsa dan negara. Partisipasi dan kontribusi yang mereka tawarkan dapat beragam dalam manifestasi ide-ide cemerlang. Tentunya ditambahi dengan kemampuan teknologi informasi untuk membrandingkan diri. 

Semakin dekatnya pesta demokrasi akan menambah suasana baru dalam kancah politik global. Sehingga generasi milenial gencar untuk memberikan pandangan yang berbeda melalui berbagai media sosial. Berbagai upaya akan mereka lakukan untuk memecah permasalahan dan menyuarakan rintihan rakyat kecil. Saya melihat arah bangsa ini ditentukan oleh seberapa besar peran anak muda dalam memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia, semakin banyak yang memiliki inisiatif maka semakin besar pula dampak yang dirasakan oleh masyarakat. 

Sebagai pemuda yang peduli akan nasib dan perjalanan bangsa, maka sangat dituntut untuk turut andil dalam memajukan bangsa yang sungguh kaya akan alam dan budayanya. Mari kita generasi muda penerus bangsa,kobarkan semangat juang, hidupkan keadilan,Hingga tiada lagi hak dan suara rakyat kecil yang enggan di dengar oleh para petinggi negara. Semangat dan partisipasi adalah kunci menjalankan roda perjalanan bangsa melalui demokrasi demi terciptanya masyarakat yang adil dan makmur. Dalam hal ini, saya tekankan kualitas pemuda Indonesia harus diuji untuk menentukan arah bangsa di masa depan.

0 Comments

Post a Comment