Polres Agam Ajak Mahasiswa KKN Untuk Antisipasi Pencegahan Pengaruh Narkoba di Tengah Masyarakat

 


MINANGTIME.COM - AGAM - Kampung Tangah,Agam. Kasat Binmas Iptu Azwir Yani Dt.Majolelo Kepolisian Resor (Polres) agam pada Selasa malam memberikan materi tentang pentingnya sosialisasi bagaimana Pengaruh Narkoba pada Masyarakat di Kampung Tangah, (02/08/2022)


Narkoba adalah zat yg sangat berbahaya, bahkan saking bahayanya dapat mengakibatkan kematian. Dari bebagai peristiwa yang terjadi banyak yang menelan korban.


Kasat binmas Iptu Azwir Yani Dt.Majolelo Mengajak seluruh lapisan masyarakat, remaja dan pemuda ikut berperan aktif dalam mencegah pengaruhnya narkoba, mulai dari menjaga lingkungan tempat tinggal, terutama dalam hidup kekeluargaan.


"Kedepannya mau jadi apa masyarakat jika pengaruh narkoba tidak bisa dikendalikan. Jangan karna sayang kepada anak malah kita lalai akan pengaruh dari narkoba yang datang.


Kita memang saling menghargai, saling melindungi tapi dalam konteks kebaikan, bukan dalam Narkoba." Tegasnya


Pada acara Tabligh Akbar ini juga dihadiri Pemungka masyarakat yaitunya Ninik mamak Z. Datuak Mangkudun.


Kasat Binmas Iptu Azwir Yani Dt. Majolelo juga menerangkan tentang Restoratif justice yaitu penyelesaian perkara diluar pengadilan. Ada beberapa hal yang tidak bisa diselesaikan dalam Restoratif Justice yaitunya, Kejahatan menghilangkan nyawa orang dan Pidana ringan tapi dapat menimbulkan keributan ditengah masyarakat


"Hati hati jangan sampai Mengabaikan Ninik mamak, karna peran pentingnya ninik mamak sebagai kepala dalam suatu kaum sangat berpengaruh dalam penegakan hukum Restoratif Justice atau penyelesaian perkara diluar pengadilan".


Dalam acara Tabligh Akbar memperingati hari Tahun Baru Islam yang diadakan dari Pemerintah Nagari Kampung Tangah dihadiri langsung oleh Walinagari Kampung Tangah Gusri Mulyadi S,Hum. Sebagai kepala Pemerintahan di Nagari Kampung Tangah Gusri Mulyadi S,Hum ingin kerjasama dari seluruh elemen masyarakat. Termasuk peran aktif dari beberapa Mahasiswa KKN yang hadir pada saat acara tersebut. 


Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) datang dari beberapa kampus yaitunya, Kampus Universitas Ekasakti dan juga Kampus Universitas Andalas.


Semoga peran aktif mahasiswa sebagai kontrol sosial dapat mengawasi dan mencegah agar pengaruh narkoba dalam masyarakat bisa teratasi.

(Muhammad Akoadri)

0 Comments

Post a Comment