Memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia ke 77 ; Mengembalikan Pemuda Indonesia Menjadi Investor Of Change

 


MINANGTIME.COM, OPINI - Memperingati hari ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke 77 pada tanggal 17 Agustus 2022, menjadi satu catatan penting bagi generasi muda Indonesia saat ini untuk terus bangkit dan bersemangat terhadap peran serta dalam pembangunan di negara yang kita cintai ini Indonesia menuju 100 tahun kemerdekan Indonesia 2045.


Sebagai catatan dalam peringatan Kemerdekaan Indonesia ke 77 ini, kita perlu merenungkan bahwa peran pemuda dalam Kemerdekaan di Indonesia sangatlah penting yang berproses begitu panjang hingga 1945. Perjuangan para pemuda ikut terlibat memerdekakan bangsa dimulai ratusan tahun sebelum Indonesia merdeka.


Dimulai dari perjuangan penguatan pendidikan, perjuangan gerilya, hingga perjuangan diplomasi internasional rata rata pemuda Indonesia terlibat secara langsung dalam semua proses menuju Indonesia merdeka.


Dari kajian keterlibatan pemuda dalam kemerdekaan Indonesia ini menunjukan beberapa hal diantaranya ;

1. Pemuda Indonesia memiliki jiwa heroik dan perjuangan untuk bangsanya, untuk negaranya agar terbebas dari penjajahan dan merdeka, sehingga leluasa dalam mengembangkan dan memajukan negara.


2. Pemuda Indonesia dalam keterlibatan perjuangan untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia memiliki semangat juang tanpa pamrih, tidak berfikir jabatan dan mendapatkan apa tapi berkontribusi untuk bisa mewujudkan Indonesia merdeka.


3. Pemuda di era itu mementingkan Karakter Nasionalisme of Interest, mengedepankan bahwa kepentingan nasional dan bangsa ini diatas kepentingan apapun atau kepentingan lainya.


4. Pemuda benar benar mewujudkan semangat kebangsaan secara langsung bukan opini semata tetapi melakukan tindakan nyata untuk mencintai bangsa dan negaranya.


5. Dan pemuda saat itu menjalankan komitmen bahwa pemuda harus berfikir apa yang bisa diberikan untuk negara ini bukan berfikir apa yang bisa diberikan negara untuk pemuda.

Rangkaian panjang semangat juang pemuda di era kemerdekaan yang begitu panjang menjadi catatan saat ini bahwa pemuda kita mengalami penurunan berkenaan dengan semangat juang untuk negaranya dibanding dengan pemuda Indonesia di era kemerdekaan. Kita sangat prihatin saat ini Pemuda adalah persoalan bangsa ini, Indonesia saat ini memiliki bonus demografi dimana dari 270 juta lebih penduduk Indonesia kita memiliki 150 juta lebih baik generasi Z yang rentang usia 17 - 25 tahun dan generasi milenial yang rentang usia 26 - 41 tahun,  kondisi saat ini 150 juta lebih pemuda Indonesia adalah sumber persoalan bangsa ini, mulai dari rendah motivasi, persoalan pengangguran, pendidikan rendah dan lainya ada pada pemuda Indonesia saat ini. Berikut beberapa catatan saya penurunan penguatan kebangsaan pemuda saat ini yang berbeda dengan pemuda di era kemerdekaan, diantaranya ;


1. Pemuda saat ini memiliki mental yang rendah, semangat juang yang kurang kuat baik bagi dirinya atau kontribusi untuk masyarakat dan bangsa ini.


2. Pemuda saat ini secara prosentase tidak mandiri, baik untuk urusan pemuda sendiri atau untuk kontribusi untuk sosial dan bangsa ini.


3. Pemuda saat ini belum memiliki Visi hidup yang kuat, baik untuk keberhasilan dirinya yang berdampak pada keluarganya, masyarakat dan bangsa ini.


4. Pemuda sekarang lebih banyak melo drama, sensitif tinggi, leasership tidak dikuatkan, sehingga fokus pada hal hal yang tidak subtansial apalagi untuk masalah besar persoalan bangsa ini.


5. Pemuda saat ini kurang heroik seperti generasi muda di era era masa sebelum kemerdekaan, semangat juangnya kurang kuat dan cenderung pesimistis.


Rangkaian analisis persoalan karakter pemuda ini sebagai catatan bahwa generasi muda Indonesia di 77 tahun Indonesia ini harus bangkit, harus keluar dari semua kelemannya, harus mandiri secara ekonomi, harus berpendidikan tinggi harus berkontribusi untuk bangsa dan negaranya dalam bentuk apapun yang bisa diwujudkan oleh pemuda, dan mengembalikan kembali satu karakter pemuda terdahulu untuk mulai di jalankan pemuda saat ini, menuju Indonesia emas 2045 yakni bahwa pemuda Indonesia sebagai Investor of Change atau Pemilik Perubahan untuk Indonesia dan untuk bangsa ini.

Penulis : Dr. Ilyas Indra, SH.MH.MM (Ketua Umum DPP KNPI)

0 Comments

Post a Comment