Dukung Penyesuaian Harga BBM, Buya Bagindo M. Leter : Subsidi BBM Bisa Dialihkan Langsung Kepada Masyarakat


MINANGTIME.COM, PADANG - Berbagai bentuk dukungan terhadap pemerintah atas penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis pertalite dan bio solar terus mendapat dukungan dari berbagai kalangan, tanpa terkecuali dari Sumatera Barat. 


Buya Bagindo M. Leter, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Sumbar mendukung rencana penyesuaian harga BBM tersebut. Ia berpendapat hal tersebut merupakan upaya dalam rangka menahan konsumsi penggunaan BBM bersubsidi.


"Melalui penyesuaian harga BBM tersebut kita berharap dapat mengurangi subsidi energi yang sangat tinggi," harapnya, Rabu (31/08/2022).


Seharusnya, katanya, subsidi bisa dialihkan secara langsung kepada masyarakat yang berhak atau kepada sektor-sektor lain yang dirasa sangat membutuhkan diantaranya kesehatan dan pendidikan.


"Subsidi BBM sebaiknya tetap harus diatur penggunaan dan ditujukan untuk masyarakat yang berhak," ujarnya.


Melalui penyesuaian harga BBM subsidi ini, katanya, juga dapat mengurangi disparitas harga antara BBM subsidi dan non subsidi.


Ia berharap masyarakat juga mendukung penyesuaian harga BBM subsidi karena penyesuaian harga tersebut tidak bisa lagi dihindari sebagai dampak dari harga minyak mentah dunia. Seperti diketahui harga minyak mentah dunia sempat bertahan lama diatas US$ 100 perbarel.


"Harga minyak saat ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya, sehingga membuat beban keuangan negara sangat berat terkait dengan beban subsidi dan kompensasi yang harus dibayarkan kepada badan usaha," pungkasnya. (Ril/Zak)

0 Comments

Post a Comment