Pelantikan PB-KAMI PPNY, Rahmat Tuangku Sulaiman Resmi Ketua Umum



MINANGTIME.COM, PADANG PARIAMAN – Dr. Rahmat Tuangku Sulaiman, MM resmi dikukuhkan sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Alumni Pondok Pesantren Nurul Yaqin (PB-KAMI PPNY) Ringan-Ringan Pakandangan, pada sabtu (7/5/2022).


Pengukuhan berlangsung dalam acara Silaturrahim Nasional dan Pelantikan PB-KAMI PPNY di Komplek Ponpes Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan Padang Pariaman, dengan mengusung tema “Manjalang Guru Untuk Keberkahan Ilmu”.


Usai Tuangku Rahmat Terpilih menjadi Ketua Umum Alumni Pesantren yang didirikan oleh Syech Ali Imran Hasan itu, penamaan kelembagaan alumni bertransformasi menjadi PB-KAMI PPNY.


Dalam pidato pertamanya dihadapan para alumin, Rahmat Tuangku Sulaiman memaparkan makna PB-KAMI PPNY. Ia Menjelaskan, “makna pengurus besar menunjukan bahwa keluarga alumni Nurul Yaqin, punya komitmen besar untuk mewujudkan cita-cita besar pendiri ponpes Nurul Yaqin”.


Ketua BAZNAS Padang Pariaman itu menegaskan, “singkatan keluarga alumni disebut dengan KAMI, untuk meneguhkan identitas Nurul Yaqin dengan role model dan nilai tradisi yang diajarkan dan dimiliki Nurul Yaqin”.



Tuangku Rahmat menambahkan, Penggunaan Diksi ‘KAMI Nurul Yaqin’, untuk peneguhan identitas dan penyatuan alumni yang sudah tersebar di berbagai daerah.


Kata Tuangku Rahmat, “Inilah KAMI Nurul Yaqin yaitu keluarga alumni Nurul Yaqin, baik dilihat dari segi pemikiran, gerakan, spirit dan amaliyah, itulah yang menyatukan alumni yang tersebar di berbagai daerah dengan berbagai profesi”.


Di hadapan para alumni dan pimpinan pondok pesantren 24 cabang Nurul Yaqin, Alumnus Universitas Negeri Bengkulu itu mengajak  transformasi kepemimpinan modern pesantren di masa depan.


“Akan muncul gerakan dan gelombang besar dari alumni Nurul Yaqin dari segi fikrah, Harakah dan ghirah ber Nurul Yaqin, Nurul Yaqin membuka diri dengan perkembangan dan kemajuan, maka Nurul Yaqin ingin terus bergerak maju”, ucapnya optimis.


Ia mengungkapkan, “Kita juga melakukan transformasi solidaritas mekanik ke solidaritas organik, artinya Nurul Yaqin akan menggunakan manajemen organisasi kepemimpinan yang modern dengan ditandai pembagian kerja dan kepemimpinan kolektif”.


Acara tersebut dihadiri Wakil Rektor Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Dr. Yasrul Huda, MA, Bupati Padang Padang Pariaman, Suhatri Bur beserta jajarannya, dan Alim Ulama Alumni Ponpes Nurul Yaqin dari berbagai angkatan.


Pelantikan Pengurus PB-KAMI PPNY dipimpin oleh Ketua Yayasan Nurul Yaqin, Drs. Idarussalan Tk. Sutan, disaksikan Khalifah El-Imrani Syekh Zulhamdi Tuangku Kerajaan Nan Saliah dan para pimpinan Ponpes Nurul Yaqin se-Kabupaten Padang Pariaman. (Fra/Zaki)

0 Comments

Post a Comment