Darul Siska : Kita Harus Memanfaatkan Globalisasi Demi Kemajuan Kehidupan

 



MINANGTIME.COM - Darul Siska kembali mengadakan Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan selaku Anggota MPR RI yang berasal dari Dapil Sumbar I. 


Pada kesempatan kali ini kegiatan diadakan pada 16 April 2022 berlokasi di GOR Sibinuang Sijunjung. Kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan masyarakat yang terdiri dari berbagai elemen, mulai dari para pemuda hingga para tokoh masyarakat. 


Di dalam kegiatan ini Darul Siska juga tidak lupa berpesan untuk terus hidup sehat dan menjalankan protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 belum benar-benar selesai, dan harus tetap waspada.


Pada kesempatan ini Darul menggaris bawahi dan memberikan penekanan kepada Globalilasi. 


Darul menjelaskan jika Globalisasi sudah terjadi dan tidak ada yang bisa menghindarinya, bagi siapapun dan di manapun.


 “Kehidupan kita saat ini tidak terlpeas dari Globalisasi, saya, bapak ibu, semuanya, baik di sini, di Jakarta, hingga di ujung pelosok Papua, semua akan mengalami globalisasi. Globalisasi adalah proses interaksi dan integrasi seluruh manusia di dunia secara singkatnya,” ungkap Darul Siska.


Darul menjelaskan tanpa adanya globalisasi tidak mungkin ada ponsel seperti telah digunakan, tidak akan teknologi-teknologi lain yang sudah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan bermasyarakat. Globalisasi tidak bisa dihindari, namun membawa kebaikan sekaligus keburukan. 


Kebaikannya telah banyak dirasakan dengan banyaknya kemudahan, namun keburukan berupa budaya-budaya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila dan masyarakat Minang juga terbawa dalam Globalisasi, salah satunya budaya konsumtif dan adab-adab yang jauh dari kesopanan.


Di dalam kegiatan tersebut hadirin juga turut memberikan antusiasmenya dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada legislator asal Talawi-Sawahlunto tersebut. “Menurut Bapak, bagaimana kami dapat menghindari dampak negatif dari Globalisasi yang tak terhindarkan tersebut?” tanya Zikri, salah satu peserta dari kelompok pemuda yang hadir. 


Darul menjawab “kita harus memegang teguh iman, ketakwaaan, dan nilai-nilai luhur yang ada di Pancasila sebagai upaya untuk menghindarkan diri dari keburukan Globalisasi. 


Dengan keimanan dan ketaqwaan, sesuai dengan Sila Pertama, manusia akan lebih mampu membatasi diri dari kegiatan-kegiatan buruk dan mencelakakan. 


Intinya, Globalisasi akan menjadi sumber kesejahteraan dan kebaikan jika kita menjalaninya dengan berlandaskan keimanan dan ketaqwaan. 


Penguatan dan pengamalan nilai-nilai yang terkandung di Pancasila juga penting untuk dilakukan karena akan mampu menciptakan masyarakat yang baik dan berbudi luhur.”

0 Comments

Post a Comment