Zukfikar Terancam Batal Dilantik sebagai Ketua Umum PW IPM Sumbar



MINANGTIME.COM - Ketua Umum Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sumatera Barat terpilih periode 2021-2023 Zulfikar terancam batal menduduki posisi nomor satu di organisasi pelajar di bawah naungan persyarikatan Muhammadiyah Sumatera Barat tersebut. 

Mantan Kabid Kewirausahaan PW IPM Sumbar periode lalu ini ditolak oleh Pimpinan Daerah IPM Se-Sumatera Barat beberapa hari jelang pelantikan dirinya beserta jajaran yang akan dilaksanakan Sabtu (14/3) mendatang.

Hal ini diduga dilatarbelakangi adanya pelanggaran aturan organisasi yang dilakukan oleh pengurus PW IPM Sumatera Barat periode 2021-2023 yang merubah hasil keputusan permusyawaratan yang telah ditetapkan beberapa bulan lalu.

Sebelumnya diselenggarakan Musyawarah Wilayah (Muswyil) ke XXI Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sumatera Barat pada tanggal 7-9 Januari 2022 di Kabupaten Pesisir Selatan . Pertemuan akbar pelajar Se-Sumatera Barat itu disamping membahas program kerja juga menghasilkan Keputusan Induk yang menetapkan Ketua Umum dan Sekretaris Umum atas nama Zulfikar dan Alwi Septian. 

Namun menjelang pelantikan, PW IPM Sumatera Barat mengirimkan permohonan SK dan permohonan pelantikan kepada Pimpinan Pusat dengan posisi Sekretaris Umum tidak atas nama Alwi Septian namun digantikan oleh Syailendra.

Ketua Umum PD IPM Pesisir Selatan, Radi Sukma menyayangkan sikap sewenang-wenang yang terjadi. Ia bahkan tidak menyangka jika hasil keputusan Musywil yang dijunjung tinggi oleh para kader dan pimpinan dilangkahi oleh pengurus baru.

“Kami mengecam keras apa yang dilakukan oleh PW IPM Sumbar yang sampai hati mengkhinati hasil muswyil. Kami selaku tuan rumah merasa tidak dihargai sudah berusaha susah payah mempersiapkan musywil dengan sebaik mungkin tapi nyatanya keputusan yang didapat malah dilanggar” tegas Radi kepada Minang Time Kamis (10/3).

Reaksi yang sama juga datang dari PD IPM Kota Padang. Sebagai daerah basis pergerakan IPM Sumatera Barat, PD IPM Kota Padang juga menyayangkan sikap pengurus PW IPM Sumbar yang mengganti Sekum terpilih sebelum pelantikan.

“Apa yang dilakukan oleh pengurus PW IPM Sumbar saat ini benar-benar keterlaluan. Mereka sudah ugal-ugalan dalam menjalankan Ikatan yang kami cintai ini” terang Hafiz Mahendra selaku Ketua Umum PD IPM Kota Padang

Lebih lanjut, Hafiz menerangkan bahwa Pimpinan Daerah IPM Se Sumatera Barat sudah berkoordinasi untuk menempuh persoalan ini ke Pimpinan Pusat sebagai pimpinan yang berwewenang mensahkan kepengurusan PW IPM.

“Kami sudah surati Pimpinan Pusat secara bersama-sama. Kami tegas menolak kepengurusan PW IPM. Tuntutan kami kepada Pimpinan Pusat agar tidak buru-buru datang ke Padang melantik sampai segala persoalan yang terjadi dapat diselesaikan secara sah sesuai pedoman organisasi” pungkas Hafiz selaku koordinator tim, Kamis sore (10/3) saat dihubungi melalui panggilan suara.
(RI)

0 Comments

Post a Comment