Sekretaris PCNU Sijunjung Ngopi Olahraga Bersama Ketua Koni Sijunjung




MINANGTIME.COM, SIJUNJUNG - Sekeretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sijunjung Fadhlur Rahman Ahsas agendakan "Ngopi  Olahraga" bersama Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sijunjung pada Kamis 24/03/2022 di Kantor KONI Kabupaten Sijunjung.

Agenda silaturahim yang dikemas dengan "Ngopi Olahraga", Fadhlur Rahman Ahsas yang acap disapa Gus Lur selaku Sekretaris PCNU memperkenalkan salah satu gerakan dakwah NU dibidang olahraga Pencak Silat Nahdlatul Ulama “PAGAR NUSA” yakni sebuah Badan Otonom Nahdlatul Ulama yang bertugas menggali mengembangkan, dan melestarikan nilai-nilai budaya pencak silat Nahdlatul Ulama sebagai warisan Wali Songo, para muasis atau pendahulu untuk bertujuan memagar Nusantara tetap kokoh dan kuat dengan budaya.

"Pagar Nusa sebuah bentuk pemeliharaan dengan Pencak Silat sebagai warisan para ulama dulu seperti Wali Songo, yang didirikan oleh pendekar NU pada tahun 1985 yang bertempat di Ponpes Tebu Ireng Jombang Jawa Timur" paparnya dengan melihatkan dokumen sejarah.

Apalagi kenjotan semangat kepengurusan PCNU periode 2022-2027, Gus Lur menyampaikan bahwa pengurus hari ini akan berjibaku untuk melahirkan Badan Otonom untuk lebih cepat terangkainya kemandirian Organisasi. Salah satunya Badan Otonom yang menjadi sendi dalam kehidupan warga NU yakninya Pencak Silat.

"Pengurus NU hari ini, berjibaku untuk menghidupkan Banom-banaom NU, apalagi Pagar Nusa sebuah warisan budaya Nusantara sebagai ajang sliaturahmi pendekar pencak silat yang memiliki kekuatan jasmaniah (Nasionalisme) dan rohaniah (Aswaja). Nah, melalui Pagar Nusa menjadi priotitas kita untuk melahirkan dan menghidupkan sendi sendi dakwa NU melalui warisan pendahulu kita yakninya Pencak Silat"

Sementara itu Ketua Koni Kabupaten Sijunjung sangat senang kedatangan Sekretaris PCNU Sijunjung yang tak asing bagi dunia organisasi dan pergerakan, yang selalu menauladani para pemuda hari. Sejogjanya kedatangnya memberikan wacana dan gagasan untuk menghidupakan kembali nilai nilai budaya asli Indonesia dengan olahraga Pencak Silat. 

"Apalagi Pencak Silat merupakan seni bela diri kearifan lokal yang kaya akan nilai dan norma keindonesian yang harus di pertahankan keberadaanya, khususnya di Kabupaten Sijunjung apalagi sekarang sudah mendunia" tutur yang acao disapa Bang Rus.

Senada dengan itu jua, Rusdianto sepakat berdirinya PC Pagar Nusa Kabupaten Sijunjung yang akan membantu melahirkan para atlit Pencak Silat dari berbagai komponen didalamnya seperti ada Budi Suci, Starlak, Teratai Putih, PSHT, Rajawali, Kumango dan lainnya. Sejatinya nilai nilai budaya yang merupakan tarekat bagi jasmani dan rohaninya.

"Kita berkewajiban untuk menjaga bangsa ini melalui kebudyaan dan kesenian. Saya sangat berharap, semoga Pencak Silat Pagar Nusa secepatnya terbentuk, eksis dan berdiri kokoh serta selalu giat lagi dalam menyebarkan manfaat bagi Nusa Bangsa dan Agama. Terima kasih kunjungannya Gus Lur, senantiasa menjaga tali silaturahmi dan jangan lupa doa serta keberkahan dari para ulama kita untuk kesuksesan Koni Sijunjung kedepan" pungkasnya dalam Ngopi Olahraga bersama Gus lur kemudian beralih menghadiri penutupun tournament bola kaki di Padang Layang Nagari Sijunjung. (Zaki)

0 Comments

Post a Comment