H. Leonardy Harmainy Kunjungi 61 Nagari Di Kabupaten Sijunjung, Bangun Emosional Dengan Pembangunan Merata

 



MINANGTIME.COM, SIJUNJUNG - Ketua Dewan Kehormatan DPD RI, H. Leonardy Harmainy, S.IP, MH, Dt Bandaro Basa menegaskan pentingnya membangun nagari untuk mendorong pemerataan pembangunan yang berkeadilan, terutama dalam kondisi pasca pandemi COVID-19.


Hal itu disampaikan Fadhlur Rahman Ahsas, saat mengunjungi Pemerintah Nagari Se Kabupaten Sijunjung sebanyak 61 Nagari selama 10 hari perjalanan, mulai dari tanggal 9 Desember sampai 17 Desember 2021, sembari menyerap aspirasi anak nagari dan memberikan Kalender Tahun 2022 untuk pemerintah nagari.


"Sebagai representasi daerah Sumatera Barat DPD RI berkomitmen mendukung berbagai program yang menyangkut pembangunan dan pemberdayaan di setiap Nagari. Karena tujuannya adalah menyejahterakan masyarakat yang ada. Apalagi dalam kondisi pandemi COVID-19 ini dibutuhkan persatuan dan kesatuan bangsa yang dimulai dari tingkatan Nagari sebagai manifesto fundamental dan satuan pemerintahan terkecil dalam lingkup NKRI," kata yang acap disapa Gus Lur saat menemui Wali Nagari Padang Sibusuk (14/12/21).


Lahirnya UU No 6 tahun 2014 tentang Desa atau disebut nama lain nagari menurut Fadlur, memberikan sebuah perspektif dan konsep baru dalam pembangunan Nagari. Nagari kini bukan lagi objek pembangunan dimana hidupnya tergantung dari stimulus pusat. Nagari telah bertransformasi sebagai subjek pembangunan.


"Desa kita sekarang sudah menjadi unit pemerintahan yang menggerakkan kehidupan sosial ekonomi masyarakat, peran tersebut dikenal dengan istilah membangun desa dan desa membangun," ujarnya.


Ditambahkannya Sijunjung memiliki luas wilayah dengan geografis dan penduduk yang termasuk banyak, Secara topografi, kabupaten Sijunjung merupakan rangkaian Bukit Barisan yang memanjang dari arah barat laut ke tenggara, sehingga kabupaten ini memiliki ketinggian yang sangat bervariasi, yaitu antara 120 meter sampai 930 meter di atas permukaan laut.


"Sijunjung perlu strategi dan pendekatan baru untuk kesejahteraan rakyat. Apalagi kondisi nagari dari nagari lain sangat berjauhan, kalau kita ke Nagari Solok Amba ke Nagari Ayie Angek memakai kenderaan roda 4 akan memakan waktu 1 jam lebih. Bahkan masih banyak nagari akses jalan dan teknologi jauh dari kata wajar," ujarnya.


Sementara itu, Fadhlur selaku mewakili H Leonardy Harmainy Anggota DPD RI senator dari Sumbar, untuk menyapa setiap pemerintah nagari se-Kabupaten Sijunjung demi terserapnya secara faktual aspirasi masyarakat nagari ini. Gambaran demi gambaran itu akan di dokumentasi menjadi dasar atau referensi untuk membangun Sumatera Barat yang merata.


"Saya mewakili beliau, untuk melihat secara langsung kondisi kondisi nagari wabilkhusus di nagari se-Kabupaten Sijunjung. Insyallah tahun 2022 H. Leonardy Harmainy akan memperioritaskan sinergitas untuk wilayah Kabupaten Sijunjung. Inilah cara beliau untuk lebih dekat secara emosional dan merata dalam pembangun," pungkasnya. (Zaki)

0 Comments

Post a Comment