Didorong Maju Pada Konfrensi Wilayah Fatayat NU Sumbar, Mutia Rahmi Nyatakan Siap

 

MINANGTIME.COM, SIJUNJUNG - Pimpinan Wilayah Fatayat NU Sumatera Barat akan menggelar pelaksanaan kegiatan Konfrensi Wilayah (Konferwil) pada Jumat-Sabtu tanggal 10-11 Desember 2021 di Hotel Safari Inn Kota Pariaman.


Informasi yang terhimpun dilapangan mencuat 2 nama calon untuk maju Konferwil Fatayat NU Sumbar. Diantaranya incumben Betri Murdiana, S.Pd dan yang digadang gadangkan sosok aktifis perempuan kader militan Fatayat NU dari  Kabupaten Sijunjung Mutia Rahmi S.Pd


Dengan komitmen dan regenerasi kepemimpinan organisasi serta memiliki latar belakang basis yang kuat dari Kabupaten Sijunjung Mutia Rahmi, S.Pd menyatakan siap untuk maju pada Konfrensi Wilayah (Konferwil). Kesiapan itu muncul setelah adanya desakan dari beberapa tokoh kultur dan beberapa Nyai pesantren dan para sahabat PC Fatayat, serta senior di Sumatera Barat dan Riau yang mendorong dirinya pada Konferwil Fatayat kali ini.


"Ini karena dorongan dari para tokoh dan Nyaiserta para senior adalah amanah yang harus di jalankan. Saya diajarkan para kiyai untuk samikna watokna, hanya ikut para Ulama dan Para Nyai. Saya hanya Abdi saja. Di suruh maju, ya, maju" katanya Rabu (8/12/2021).


Secara pribadi, alumni UIN Suska Riau ini mengaku ragu, sebab Mutia mengaku tak punya kapasitas untuk memimpin Wilayah. Lulusan Cumlaude Pendidikan Kimia tahun 2013 ini mengaku tak punya alasan untuk menolak saat para nyai bercerita tentang Gus Dur yang tak punya pengalaman jadi Presiden.



"Jadi saya manut saja. Mungkin ini sudah jalan saya untuk mengabdi sepenuhnya pada NU, pada Kiai," katanya.


Dilihat dari pengalaman organisasinya, Mutia Rahmi memang bukan orang sembarangan. Pada masa sekolah, perempuan kelahiran Sijunjung 9 April Maret 1991 ini pernah menjadi  Ambalan Gudep MAN 1 Sijunjung, Kabid Pendidikan OSIS MAN 1 Sijunjung, Pengurus  IPPNU Sijunujung. Pada tahun 2018-2023 diamanahkan menjadi Sekretaris PC Fatayat NU di Kabupaten Sijunjung hinga satu-satunya perempuan Ketua Panwas Kecamatan di Kabupaten Sijunjung Pilkada 2020.


Saat ditanya Visi-Visinya, sosok istri dari tokoh muda  NU Sumatera Barat Gus Lur, Mutia mengaku dirinya akan menjalankan tugas dan fungsi Fatayat  sebagai Banom NU dan melakukan gerakan pemberdayaan perempuan. Pada Konferwil Fatayat NU mendatang, dia berharap akan lahir pemimpin baru yang visioner dan mampu menjalankan amanah dengan baik dan melirkan perempuan tangguh dalam membumikan Aswaja Annadliyah di Bumi Minangkabau.


"Ditanya tentang visi dan misi, pasti jelas untuk memajukan gerakan pemudi NU di Sumbar dan melahirkan Insan Kamil "Kader Militan" yang siap membumikan Aswaja NU di Bumi Minangkabau. Jangan sampai kader kader Fatayat terpapar dalam pemahaman radikalisme atau tidak manut para Ulama," pungkasnya bersemangat. (Yose/Zaki)

0 Comments

Post a Comment