Kunjungan Kerja ke Sijunjung, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti di Anugerahi Gelar Kehormatan Tuanku Palito Alam oleh Pewaris Kerajaan Jambu Lipo

 



MINANGTIME.COM, SIJUNJUNG - Bupati Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si bersama Wakil Bupati, H. Iraddatillah, S.Pt dampingi Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Ir. H. AA. Lanyalla Mahmud Mattalitti bersama anggota DPD RI lainnya saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sijunjung tepatnya ke Istana Kalambu Suto, Kerajaan Jambu Lipo,  Lubuak Tarok, pada Sabtu (27/11/2021).


Pada saat kunjungan tersebut, Ketua DPD RI, Lanyala M Mattalitti (pemilihan Jawa Timur) ini didampingi Hj, Emma Yohana (asal Sumbar), H. Leonardy Harmainy, Dt. Bandaro Basa, S.IP, MH (Sumbar/Ketua Badan Kehormatan DPD RI), DR. H. Alimran Sori, SH, M.Hum, MM (Sumbar/Wakil Ketua Kelompok DPD RI di MPR), H. Muslim Yatim, Lc.MM (Sumbar), H. Bustami Zainudin, S.Pd, MH (Lampung/ Wakil Komite II DPD RI).


Kemudian Drs. Ahmad Bastian, Sy (Lampung/ Wakil Ketua Komisi I DPD RI), Ir. H. Bambang Sutrisno, MM (Jawa Tengah/Ketua  BAP DPD RI), dr. Asyera  Respati A. Wundalero ( Provinsi NTT/Wakil Ketua BAP DPD RI), Evi Apita Maya, SH, M.Kn (Provinsi NTB/Wakil Ketua Komite III DPD RI), H. Bambang Santoso (Provinsi Bali) , dan H.M, Fadhil Rahmi, Lc (Provinsi Aceh).


Kunjungan kerja DPD RI tersebut, selain didampingi Bupati dan Wakil Bupati, juga dihadiri Unsur Forkopimda Kabupaten Sijunjung, Kepala OPD dari Provinsi Sumatera Barat dan Kepala OPD Kabupaten Sijunjung terkait lainnya, Camat Lubuk Tarok, Wali Nagari Lubuk Tarok, Zuriatman beserta tokoh masyarakat, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang dan Niniak Mamak Lubuak Tarok.


Dalam kunjungan kerja ke Lubuak Tarok ini, Ketua DPD RI, Lanyala Mahmud Mattalitti di anugrahi gelar kehormatan yaitu " Tuanku Palito Alam" oleh pewaris kerajaan jambu lipo, Tuanku Rajo Godang, Firman Bagindo Tan Ameh. Pada kesempatan yang sama, Rajo Jambu Lipo juga menganugrahkan Gelar Kehormatan kepada dra. Hj. Raden Ayu Yani WSS Kuswoyodhijoyo ( Sekretaris Jendral Majelis Adat  Kerajaan Nusantara) dengan gelar kehormatan " Puti Salendang Dunia".


Acara pemberian gelar kehormatan ini diawali dengan pembacaan surat keputusan  Rajo Tigo Selo Kerajaan Jambu Lipo beserta perangkat  yang dibacakan oleh Darwan Hamid Wakil Monti Rajo dan dilanjutkan dengan pemasangan peci kehormatan kepada ketua DPD RI oleh tuanku Sultani Bagindo Maharajo Indo Daulat yang dipertuan Rajo Ibadat Jambu Lipo.


Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan selendang kepada Ketua DPD RI oleh Tuanku Bagindo Tan Putiah Daulat yang dipertuan  Rajo Adat Jambu Lipo, serta penyerahan tongkat oleh Dt. Bandaro Sati, Sondi Kerajaan Jambu Lipo. Patih Ambalau oleh tuanku Firman Bagindo Tan Ameh sekaligus menyerahkan piagam gelar kehormatan dan proposal rumah gadang yang ada di kerajaan jambu lipo.


Sementara penganugrahan gelar kehormatan kepada Ibu Hj. Raden Ayu Yani Kuswodijoyo dari kerajaan jambu lipo, pemasangan selendang dalakukan oleh ketua Bundo Kanduang Kabupaten Sijunjung, Ibu, Yasnimar Wahab dan pemasangan Sipek sekaligus penyerahan piagam gelar kehormatan oleh Ibu Dra. Hj. Kumala Ranti, M.Si.


Kunjungan Ketua DPD RI Lanyala Mahmud Mattalitti bersama Anggota DPD RI lainnya ke Lubuak Tarok ini ditutup dengan do'a dan makan bersama sekaligus peninjauan galeri dan rumah gadang kampung rajo tongah kaum rajo jambu lipo yang masih terbengkalai akibat kebakaran beberapa waktu yang lalu. (Andri/Zaki)

0 Comments

Post a Comment