Direktur Dari Luar Dan Dari Dalam RSAM





MINANG TIME - Tidak lama lagi RSAM bakal mempunyai pimpinan baru sejalan masa lelang dan gagalnya penunjukan sesuai masukan ke Pemprov agar dijalankan lelang jabatan. RSAM sebagai BLUD dan ada dalam organisasi Pemprov mempunyai kredibilitas sendiri karena dalam pemyelenggaraan kegiatan pelayanan kesehatan telah menjadi sasaran tersendiri.


Memang banyak hal yang tidak spektakuler dalam hal PAD dan bahkan bisa menjadi beban daerah.


Untungnya rumah sakit daerah masuk sebagai kebijakan pemerintah yang berskala nasional dalam masalah kesehatan sehingga tidak menjadi beban daerah saja.


Fungsi untuk hajat hidup orang banyak,fungsi sosial dan kemanusiaan menjadikan siasat kebijakan yang menjadikan rumah sakit adalah sangat penting, Disitu ada penyediaan infrakstruktur dan target sehingga terjadilah pemenuhan fasilitas serta asuransi.


RSAM pun berjalan dengan sejarahnya sampai kepada BLUD seperti sekarang dan telah menjadi sejarah baru dalam pergantian pimpinan RSAM melalui Lelang Jabatan


Lelang jabatan dalam pengertian prespektif UU No 5 Tahun 2014 ttg ASN dalam pengembangan kompetensi.

_Lelang jabatan merupakan keharusan dalam era reformasi birokrasi dalam rangka mencari sosok kompeten_.

_Sistem merit mengacu kinerja,kualifikasi dan kompetensi._


Lelang katanya terbuka dan kompetitif dengan uji kompetensi?


Menelisik lelang yang sudah berjalan akan diketahui nama-nama calon secara terbuka atau tertutup tergantung kebijakan yang dilakukan penyelenggara.


Sosok untuk pimpinan RSAM sudah akan bisa berasal dari luar atau dalam.

Membedakannya nanti dalam pemilihan adalah kuatnya kompetensi politik yang sejak dulu tidak lepas dari kenyataan selama ini.


Tidak ada masalah calon dari luar dan dalam karena akan tetap ada kompetisi yang dinilai masyarakat serta penyelenggarannya selama ini mungkin saja sarat kepentingan.


Dampak pimpinan dari luar kepada karyawan RSAM dalam kompetensi sepertinya kepada referensi saja sejalan baiknya sebuah reportase.


Sebagai kebijakan organisasi dalam kepemerintahan selalu tetap kepada _visi_ dan _misi_ peserta serta usulan yang mendongkrak poin.


Publik akan tidak tahu seberapa banyak peran yang mengusulkan calon karena tradisinya tetap akan menjaga wibawa pemerintah daerah dalam dasar pemilihan dan meneruskan kebijakan yang mengamankan para pemegang peran.


Maka pertimbangan demikian akhirnya akan mengarah kepada sebuah sugestif dan filosofi 

"Pisang tatap satandan sikek no bisa masak juo*_."


Proses akan tetap belangsung dan situasional serta futuristis.


Faedah untuk calon dari dalam adalah penguasaan situasional dan berbeda dengan calon luar yang hanya bereferensi.

Tergantung kepada penguasaan dalam menyikapi elemen penting RSAM yaitu karyawan dan masyarakat yang tidak bisa dilewatkan begitu saja dalam lelang.


Pada penyelesainnya lelang akan tetap sebagai perguliran pemerintah daerah dalam berpolitik kebijakan.


Siapapun calon akan menghadang tantangan yang tidak akan mudah karena akan berhadapan dengan keterbukaan informasi,realita penanganan Covid dan makin semaraknya Lembaga Swadaya Masyarakat yang akan memberikan realita jabatan dalam pelayanan kesehatan.


Penilaian plus-minus pemerintah daerah semasa wabah akan membuka mata siapaupun termasuk insan pelaku kesehatan sendiri bersama masyarakat dalam menilai sosok jabatan dibidang kesehatan


Apakah anda termasuk memberi penilaian dan apa masukan anda sebagai insan karyawan kesehatan RSAM?_


It deponds on your personality.

Let's all wait and follow


By Ulya Maksum


Padang,24 Oktober 2021


di Rumah Kecil Revolt,

Rumah Pergerakan Milenial Minang Kuya Fikri

dan Rumah Singgah KOMPAK (Koalisi Masyarakat Peduli Aktifitas Kesehatan)


Catatan Kecil Insan RSAM

0 Comments

Post a Comment