Vaksinasi Dan Pembodohan Massal



Oleh : Ferdy Andika (Sekjen AMPERA Sumbar)


Proses vaksinasi yang tujuan awalnya untuk memperkuat daya tahan tubuh kesehatan masyarakat dari virus Corona dan mengurangi penyeberan virus telah gagal paham di pikiran masyarakat.


Polemiknya terjadi disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, tidak tuntasnya proses sosialisasi vaksin kepada masyarakat. Kedua, akibat gagalnya proses yang pertama pemerintah melakukan intervensi melalui alat kekuasan. Sebagai contoh proses intervensi vaksinasi kepada masyarakat melalui kekuasaan ialah, "untuk menerima bantuan bagi si penerima bantuan dari pemerintah harus menunjukan kartu vaksinasi minimal pertama".


Kegagalan proses vaksinasi ialah, pemerintah tidak mampu mengurasi konsep vaksinasi dan menarasikan maksud dan tujuan dengan baik. Masyarakat tidak bisa menyerap informasi dengan utuh. Faktor lain, mengingat dunia teknologi hari ini dan informasi yang berseliweran di media sosial telah membuat rancu di pikiran masyarakat.


Sosialisasi vaksinasi cenderung pekerjaan simbolis yang tidak mencerdaskan. Sebagai contoh, kegiatan vaksinasi tidak diseminarkan dengan baik, malahan masyarakat di ajak untuk vaksinasi iming-iming sembako dan hadiah.


Disinilah konsep vaksinasi pemerintah gagal dan cenderung prosesnya adalah pembodohan massal. Masyarakat hadir vaksin tidak dan atas dasar kesadaran bahwa vaksin itu bisa meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus. Tetapi masyarakat hadir untuk mengikuti vaksin karena berbagai administrasi di pemerintahan banyak dihubungkan prasyarat harus menunjukan kartu vaksin. Dan, menghimbau masyarakat bukan dengan pencerdasan namun melalui hadiah-hadiah yang diberikan oleh pemerintah agar ikut vaksin.


Vaksinasi yang seharusnya, memperkuat daya tahan tubuh masyarakat dengan harapan pemulihan ekonomi malahan terjadi pembengkakan pengeluaran pada proses vaksinasi. Karena banyak titik vaksinasi harus diikuti oleh pembiayaan lebih. Lagi-lagi, membangun kesadaran bahayanya virus terhadap kesehatan gagal.


Jikapun proses vaksinasi tuntas diselesaikan, hendaknya, anggaran dana yang dihabiskan tidak melalui "pembodohan massal" pemberian sembako dan hadiah untuk mengajak masyarakat vaksin. Namun, melalui kegiatan yang mencerdaskan dan membangun kesadaran. 

0 Comments

Post a Comment