Badko HMI Maluku-Maluku Utara Gelar Bacarita Hukum

Doc. Ichal Rumbori


Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (BADKO HMI) Maluku-Maluku Utara periode 2018-2020 menggelar Bacarita Hukum (01/10/19)

Kegiatan yang digelar di Baileo Cafe Poka Kota Ambon itu dengan mengangkat tema Urgensi RUU KUHP dalam Penegakan Hukum dan HAM di Indonesia dengan menghadirkan narasumber Dr. John Dirk Pasalbessy, SH., M.Hum dan Dr. Nasaruddin Umar, SH.MH.

Dalam sambutan ketua umum BADKO HMI Maluku-Maluku Utara Firdaus Arey, ia menjelaskan urgensi RUU KUHP dalam penegakan hukum dan HAM di Indonesia.

Selain itu, dirinya juga  mengungkapkan tentang membaca fakta gerakan hari ini di tanah air oleh mahasiswa sebagai bentuk mengkritisi kebijakan

Namun menurut alumni fakultas hukum Unpatti itu, gerakan-gerakan yang dilakukan itu hendak mengetahui isi daripada RUU KUHP,  sehingga arah kritikan kita sampai pada substansi.

Sementara menurut Dr. John Dirk Pasalbessy, SH.M.HUM dalam paparannya menjelaskan banyak tentang sejarah panjang perjalanan undang-undang KUHP kita. Akademisi universitas Pattimura Ambon ini juga mengurai dasar dibangunnya KUHP.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Nasaruddin Umar, SH.MH menyampaikan sisi kelebihan dan kekurangan KUHP, namun menurutnya RUU KUHP menjadi sah dan disetujui. Ia menekankan pada kelemahan daripada RUU KUHP adalah kurangnya sosialisasi oleh pemerintah.

Alasan akademisi IAIN Ambon ini adalah RUU KUHP telah mengakomodir nilai-nilai dan hukum pidana lainnya.

Di  akhir bacarita hukum itu, kesimpulan yang dapat ditarik adalah pentingnya sosialisasi dan hasil daripada diskusi ini akan diserahkan kepada panitia kerja RUU KUHP dan forum temu hukum nasional.

0 Comments

Post a Comment